Berita » Peneliti Balitkabi Presentasi Hasil Penelitian di Univ Muhammadiyah Purwokerto

Diseminasi hasil penelitian merupakan tahapan penting dalam setiap penelitian. Dengan diseminasi, setiap hasil penelitian dapat diketahui oleh banyak orang dan dapat saling tukar informasi dengan sesama peneliti maupun pengguna. Untuk mewujudkan hal tersebut, tujuh peneliti balitkabi dari berbagai disiplin ilmu mempresentasikan hasil penelitiannya pada seminar nasional yang dilaksanakan hari sabtu 6 Juli 2013 oleh Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Seminar tersebut dilaksanakan di Gedung Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP. Ketujuh peneliti balitkabi yang mengikuti seminar adalah Dr M. Yusuf, Dr. Sholihin, Dr. Eri Yusnawan, Ir Sumartini MS, Imam Sutrisno SP, Kurnia Paramita SP, dan Sutrisno SP.


Makalah yang disampaikan staf Balitkabi mencakup hasil penelitian ubijalar berkadar betakaroten tinggi, pemupukan ubikayu, uji kandungan total fenolik, aktivitas antioksidan kedelai biji besar,minyak cengkeh dan ekstrak mimba untukpengendalian karat kedelai,strategi menumbuhkan minat petani menanam kedelai di Madiun dan peluang pengembangan agribisnis kacang tanah di jawa Timur, dan jenis pakan larva.

Seminar ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari berbagai instansi perguruan tinggi maupun dari Instansi Badan Litbang Kementan dan Non Kementan. Beberapa peneliti dari instansi yang mengikuti seminar antara lain BPTP Jawa Tengah, BPTP Yogyakarta, BPTP Kalsel, BPTP Sumbar, BPTP Banten, BPTP Riau, PPKS Medan, Balai Penelitian Teknologi Kehutanan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Sukoharjo, Balitkabi Malang, Universitas Muhammadiyah Mataram, Universitas Jendral Soedirman, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas Padjajaran, dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Pembicara utama pada seminar ini adalah Prof. Dr. Bambang Guritno guru besar dari Universitas Brawijaya dan Ir Gayatri Indah Cahyani, M.Si Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah. Prof. Dr. Bambang menyampaikan peran perguruan tinggi dalam mendukung pertanian Indonesia dan Bu Gayatri menyampaikan pentingnya mewujudkan keanekaragaman pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan. Seminar nasional memiliki tema “PENGEMBANGAN SISTEM AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA GUNA MENUNJANG KEDAULATAN PANGAN”. Dengan pelaksanaan seminar ini diharapkan dapat memberikan sumbangan informasi dalam mendorong terciptanya system pengembangan agribisnis dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

Sutrisno./AW