Berita » Penerapan Inovasi Teknologi dalam Rangka Pelaksanaan GP-PTT Kedelai

Saat ini produktivitas nasional kedelai baru mencapai 1,4 t/ha dengan kisaran 0,62−2 t/ha ditingkat petani, sedangkan teknologi budidaya spesifik lokasi hasil penelitian dapat mencapai 1,7−3,2 t/ha, bergantung pada kondisi lahan dan teknologi yang diterapkan.

Angka-angka ini menunjukkan bahwa teknologi produksi kedelai spesifik lokasi telah tersedia dan siap untuk diterapkan di tingkat petani. Data statistik tentang kedelai menunjukkan bahwa trend positif hanya menaikkan produktivitas dari 1,2 t/ha tahun 2005 menjadi 1,4 t/ha di tahun 2014, sedang luas area dan produksi stagnan.

Peningkatan produktivitas kedelai dilakukan dengan penerapan teknologi spesifik lokasi. Perluasan areal tanam diupayakan melalui peningkatan indek tanam (IP) di lahan sawah irigasi dan tadah hujan, lahan kering yang diberakan dengan sistem monokultur maupun tumpangsari, areal tanam perkebunan, hutan yang belum optimal dan pembukaan areal baru.

Pemerintahan Kabinet Kerja 2015–2019, telah menetapkan swasembada padi, jagung dan pencapaian swasembada kedelai pada tahun 2017, program pencapaian swasembada kedelai ini harus didukung oleh semua pihak terkait dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu kabupaten sentra kedelai di Provinsi Jawa Timur, ikut berperan dalam menyumbang produksi kedelai di Jawa Timur pada khususnya dan nasional pada umumnya. Kabupaten Nganjuk dalam musim tanam 2015 ini Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT) di targetkan seluas 5.000 ha, namun baru bisa terpenuhi 3.000 ha.

Sosialisasi Inovasi Teknologi Peningkatan Produksi Tanaman Pangan diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, bertempat di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Nganjuk pada tanggal 22 April 2015. Acara sosialisasi diikuti oleh 75 orang peserta terdiri dari para ketua kelompok, para penyuluh dan Mantri Pertanian.

Balitkabi bertugas untuk memberikan materi Penerapan Inovasi Teknologi dalam Rangka Pelaksanaan Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu Kedelai dengan narasumber Prof. Dr. Marwoto selaku Koordinator Komoditas Kedelai di Balitkabi Malang. Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Nganjuk mengharapkan peserta sosialisasi Inovasi Teknologi Peningkatan Produksi Tanaman Pangan untuk ikut membantu pelaksanaan program pengembangan kedelai di Kabupaten Nganjuk.

Acara Pembukaan Sosialisasi Inovasi Teknologi Peningkatan Produksi Tanaman Pangan, dan penyampaian materi Penerapan Inovasi Teknologi dalam Rangka Pelaksanaan GP-PTT Kedelai oleh Prof. Dr. Marwoto.

Acara Pembukaan Sosialisasi Inovasi Teknologi Peningkatan Produksi Tanaman Pangan, dan penyampaian materi Penerapan Inovasi Teknologi dalam Rangka Pelaksanaan GP-PTT Kedelai oleh Prof. Dr. Marwoto.

Prof. Dr. Marwoto