Berita » Penerapan SPSS untuk Analisis Regresi Linier dan Analisis Lintas (Path Analysis)

1-aaaipb_suci1

Seminar merupakan keharusan bagi mahasiswa magang/PKL di Balitkabi sebelum menyelesaikan laporan akhir. Sebelum berakhir masa PKL di Balitkabi (28 Maret 2013), Suci Anggrayani, Syella Aurellya, dan Tia Pertiwi, mahasiswa IPB jurusan statistik Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan seminar ke-4 berjudul “Penerapan SPSS untuk analisis regresi linier dan analisis lintas (Path Analysis)”, 22 Maret 2013, di Aula Balitkabi. Seminar dihadiri oleh para peneliti Balitkabi termasuk Ka. Balitkabi, Dr. Ir. Moch. Muchlish Adie, MS.

Dalam paparannya, Suci menyebutkan tujuan dari analisis regresi adalah untuk mencari pola hubungan antarpeubah dan untuk menduga model terbaik dalam suatu analisis data penelitian. Ada beberapa asumsi klasik yang merupakan syarat dalam analisis regresi ini yaitu normalitas, homoskedastisitas, non-autokorelasi, dan non-multikolinieritas. Asumsi-asumsi ini sangat penting dalam analisis regresi, jika dilanggar mengakibatkan terjadinya kesalahan dalam penarikan kesimpulan. Oleh karena itu, telah disampaikan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi pelanggaran asumsi diatas.


Selanjutnya, Syella Sumampouw menyampaikan materi “Analisis Lintas(Path Analysis)”, yang merupakan sebuah metode yang dapat digunakan untuk mempelajari pengaruh langsung dan tidak langsung dari beberapa peubah eksogen terhadap peubah endogen. Melalui analisis ini, efektivitas dalam penggunaan variabel yang akan diukur dapat lebih ditingkatkan. Selain itu, besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel eksogen terhadap variabel endogen dapat diketahui. Penentuan model awal merupakan hal yang sangat penting. Model awal harus dibuat berdasarkan teori, pendapat para ahli, ataupun penelitian yang terdahulu.

Untuk memperjelas kedua materi, mahasiswi IPB ini memandu penyelesaian contoh analisis data dengan menggunakan program SPSS dan diikuti langsung peserta seminar. Nampak Tia Pertiwi membantu para peneliti saat mengaplikasikan program SPSS. Masukan dari peserta seminar yaitu diharapkan pemakalah dapat memberikan beberapa contoh soal lengkap beserta modul cara penyelesaian dengan SPSS. Dengan demikian modul SPSS ini dapat digunakan acuan untuk mengerjakan data analisis penelitian sehari-hari.

Nur/Win