Berita » Pengakuan Amran, Devon 1 is The Next Star of Soybean

devon“Saya terkejut,” kata Dr. Yuliantoro Baliadi, Kepala Balitkabi, saat melihat gambar kedelai Varietas Devon 1 ditayangkan pada pemaparan Menteri Pertanian Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. tentang model pertanian lahan rawa di pembukaan HPS XXXVIII tahun 2018 di Kalsel. Walau sekilas bak sebuah “Title”, namun bagi Balitkabi Balitbangtan itu punya makna penting sebagai satu pengakuan terhadap inovasi varietas kedelai yang dihasilkan oleh Lembaga Riset Komoditas Aneka Kacang dan Umbi yang juga penyandang Pusat Unggulan Inovasi (PUI) Akabi Kemenristek Dikti.

Devon 1 dengan berbagai keunggulannya diyakini akan menjadi penantang baru untuk tiga varietas yang saat ini mendominasi hamparan kedelai Nasional yakni Anjasmoro, Wilis, dan Grobogan yang juga hasil rakitan pemulia-pemulia kedelai Balitkabi.

Memasuki tahun ketiga pasca dilepas tahun 2015, Devon 1 semakin memperoleh perhatian petani dan penangkar kedelai. Pembuktian di lapang dan testimoni petani jauh lebih penting daripada cerita. Berbekal potensi hasil 3,09 t/ha dengan rata-rata 2,75 t/ha, Devon 1 sudah jauh melampaui rata-rata produktivitas Nasional yang masih berkisar 1,3 t/ha. Keterpikatan petani tentu juga oleh atribut ketahanan tahan penyakit karat, agak tahan pengisap polong, biji besar (14,3 g/100 biji) dan kandungan protein 34,8% BK.

Pasar dan industri mulai melirik Devon 1. Jelas dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan nilai gizi, nutrisi untuk kelangsungan kesehatan dan kehidupan, kandungan isoflavon tinggi hingga 2.220 mikrogram/gram melampaui kandungan isoflavon Anjasmoro (1.457 mikrogram/gram) akan menjadi titik penarik Devon 1 ungguli Varietas pendahulunya untuk tampil dengan ikon pangan fungsional baru dalam bentuk tempe, tahu, susu kedelai, kecap, tauco, bahkan inovasi-novasi kekinian seperti the dan bubur bayi. Khusus kaum perempuan tak pelak akan mengejar khasiat isoflavon yang juga baik untuk kesehatan kulit, anti aging, dan lain kegunaan yang belum terkuak.

YB