Berita » Penguatan Sistem Produksi Benih Sumber Ubi Kayu untuk Kedaulatan Pangan

Stek ubi kayu siap untuk ditanam

Stek ubi kayu siap untuk ditanam

Sebagaimana masalah klasik di komoditas pangan aneka kacang dan umbi (kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi jalar, aneka kacang dan umbi potensial lainnya), pengembangan ubi kayu di Indonesia juga terkendala masalah klasik yakni petani sulit peroleh benih (stek) dalam jumlah cukup. Rekomendasi kebutuhan stek ubi kayu per hektar sebanyak 10.000-12.500 stek. Umur tanaman ubi kayu yang baik untuk dijadikan stek adalah 8-12 bulan, diameter stek 2 cm, satu pohon menghasilkan 8-12 stek sesuai panjang stek normal (optimum 20-25 cm) atau stek mini (memiliki 2-3 mata tunas, sekitar 5-10 cm).

Usahatani ubi kayu untuk produksi stek selain menghasilkan stek, juga menghasilkan umbi. Hasil stek mencapai 452.963, 731.433 atau 1078.623 stek/ha jika dihitung populasi tanaman per hektar sebanyak 10.000, 20.000 atau 33.333/ha, meskipun demikian juga tergantung pada jenis varietas dan jarak tanam. Hasil umbi yang diperoleh dari tiga populasi tanaman tersebut sebesar 45-56 ton/ha.

Kurangnya keberpihakan kepada komoditas ubi kayu dan aneka umbi lainnya, bukan topik baru dan terjadi tiba-tiba. Ubi kayu akan menjadi topik pembicaraan hangat disaat beras bergejolak. Gaung untuk kibarkan pangan lokal, eksplorasi potensi pangan regional, tingkatkan diversifikasi pangan, sehari non beras dan jargon lainnya disuarakan kencang, tetapi hanya sesaat.

Ubi kayu yang notabene tangguh mengawal ketersediaan pangan dan terbukti telah menyelamatkan perut anak bangsa dari jaman ke jaman. Apalagi di saat seperti ini ketika dunia diguncangkan pandemi COVID-19 tak terkecuali Indonesia, diversifikasi pangan non beras akan menjadi pilihan, kedaulatan pangan berbasis pangan lokal sangat diharapkan. Tidak bisa dipungkiri ubi kayu, bahkan ubi jalar, talas, keladi, gembili, gembolo, uwi, suweg menjadi salah satu pendukung kuat sumber pendapatan atau penggerak ekonomi masyarakat pedesaan dan kota. Belum lagi lebih dari 5000 resep kuliner berbahan baku ubi kayu berkibar di 75.000 Desa/Kelurahan di Indonesia.

Suatu hari nanti, semoga kita alami “Ubi Kayu Komoditas Strategis Nasional”, “Ubi Kayu Pangan Bangsa Indonesia” dan “Ubi Kayu Salah Satu Sokoguru Indonesia Lumbung Pangan Dunia di Tahun 2045”, tepat seabad Kemerdekaan. Apabila itu terjadi pastinya ada desakan untuk membangun model produksi benih ubi kayu nasional, apakah berbasis korporasi, kemitraan di kawasan gapoktan penangkar benih. Sehingga tidak terjadi ramalan stek ubi kayu tidak tersedia cukup, dan untuk selanjutnya program pengembangan ubi kayu akan berjalan sukses. Semoga.

Panduan Teknis Produksi Benih Sumber Ubi Kayu

Panduan Teknis Produksi Benih Sumber Ubi Kayu

Keragaan tanaman ubi kayu  sumber stek juga hasil umbi untuk pangan, pakan, bioenergi

Keragaan tanaman ubi kayu sumber stek juga hasil umbi untuk pangan, pakan, bioenergi

YB