Berita » Peningkatan Kapasitas Manajemen

Peningkatan sumberdaya manusia dan infrastruktur diprioritaskan oleh Badan Litbang Pertanian untuk memperkuat kinerja pada Kurva Keduanya. Sebanyak 20 peserta terdiri dari Kepala Balit, BPTP dan beberapa Eselon III (termasuk Kepala Balitkabi) mengikuti Management Development Program, 1–12 April 2013. Pelatihan dilakukan di Melbourne Business Scholl (MBS), The University of Melbourne serta di Mt. Eliza Executive Education.

Materi pelatihan di MBS terdiri dari Management and leadership and EQ; MBTI self scorable; MBTI and intro to types in team; Time management; Resiliense strategies; Identifying strategic opportunity continued; serta Project set up.


Topik yang menarik adalah MBTI and Introduction to types in team. MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) merupakan suatu alat untuk mendeteksi preferensi individual yang terbagi menjadi sumber energi/kekuatan (E = ekstraversion dan I = Introversion), Informasi (S = sensing dan I = intuition), Keputusan (T = thinking dan F = feeling) dan Gaya hidup (J = judging dan P = perceiving). Dengan berbagai kombinasi tersebut akan diperoleh sebanyak 16 macam tipe personal. Identifikasi terhadap 15 peserta pelatihan, 11 peserta memiliki tipe kombinasi antara ESTJ; 3 peserta memiliki tipe ISTJ dan hanya satu peserta tergolong ENTJ. Topik pelatihan lainnya yang juga sangat menarik adalah tentang Identifying strategic oppurtunities; pemahaman tentang stakeholder analysis hingga steps in crafting the stakeholder value proposition curve.

Pelatihan dilakukan secara interaktif, dan seluruh peserta diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat secara individu maupun kelompok. Bahkan setiap penyampaian materi pelatihan dilakukan diskusi kelompok untuk analisis kasus dan pemecahan masalah.

MMA/AW