Berita » Peningkatan Kemampuan Koordinator Kebun Percobaan Lingkup Balitbangtan

Sekretaris Balitbangtan membuka Diklat Manajemen Kepemimpinan bagi Kepala Kebun Percobaan.

Sekretaris Balitbangtan membuka Diklat Manajemen Kepemimpinan bagi Kepala Kebun Percobaan.

Dalam rangka untuk meningkatkan kinerja Koordinator Kebun Percobaan di lingkup Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, telah dilakukan Diklat Manajemen Kepemimpinan bagi Kepala Kebun Percobaan yang diselenggarakan pada tanggal 14–20 Mei 2017 di Pusat Pelatihan Manajemen Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi-Bogor, Balitkabi menunjuk koordinator kebun percobaan Ngale, di Ngawi yaitu Slamet Ariadi, S.P. Tujuan diklat adalah untuk meningkatkan kompetensi agar mampu berperan secara optimal dalam mendukung pelaksanaan tupoksi UPT serta meningkatkan kinerja dalam mengelola sumberdaya yang dimiliki Kebun Percobaan.

Sekretaris Balitbangtan dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Kebun Percobaan adalah aset yang dimiliki oleh suatu UPT Badan Litbang Pertanian berupa sarana lahan dan prasarana penunjang seperti bangunan dan peralatan digunakan untuk mendukung fungsi penelitian, pengkajian dan desiminasi inovasi teknologi Balitbangtan. Diklat Manajemen dan Kepemimpinan bagi Koordinator Kebun Percobaan meliputi kegiatan di dalam dan di luar kelas. Materi-materi yang diperoleh di dalam kelas meliputi:

  1. Kebijakan Pengembangan SDM yang disampaikan Bpk. Heri Suliyanto, MBA
  2. Dinamika Kelompok Oleh Agus Amsi Nursyamsi, S Komp.
  3. Pengembangan potensi diri oleh Ir. Winarhadi, M.M.
  4. Budaya kerja oleh Ir. Sunaryono Padmo, M.M.
  5. Kebijakan Program Pengembangan Kebun Percobaan oleh Bpk Sekretaris Badan Litbang Pertanian.
  6. Berpikir kreatif dan inovatif oleh Ir. Sumarni, M.M.
  7. Integritas kepemimpinan oleh Dr. Ir. Winny Dian Wibawa M.Sc.
  8. Pendekatan pemecahan masalah oleh Ir. Chidmat Hamdani, M.M.
  9. Pembekalan Benchmarking oleh Dr. Ir. Winny Dian Wibawa, Ir. Sumarni M.M., Ir. Winarhadi, M.M., Ir. Sonaryono Padmo, M.M., dan Ir. Chidmat Hamdani, M.M.

Adapun materi di luar kelas yaitu Benchmarking di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar Sukabumi Jawa-Barat. Berdasarkan rangkaian kegiatan masing-masing peserta diklat mempresentasikan kegiatan apa saja yang akan di adopsi untuk dapat diimplementasikan di kebun percobaan masing-masing. Kegiatan diklat manajemen dan kepemimpinan bagi Koordinator Kebun Percobaan sangat penting untuk membekali dalam mengelola kebun percobaan sehingga dapat meningkatkan pelayanan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan fungsi kebun percobaan.

Peserta Diklat Manajemen Kepemimpinan bagi Kepala Kebun Percobaan.

Peserta Diklat Manajemen Kepemimpinan bagi Kepala Kebun Percobaan.

SA/GWAS