Berita » Peningkatan Pemahaman SMM Laboratorium ISO/IEC 17025:2017

ISO/IEC 17025-2017 merupakan acuan/pedoman untuk SMM (Sistem Manajemen Mutu) laboratorium pengujian guna menjaga konsistensi laboratorium dalam memberi kepuasan terhadap pelanggan melalui data atau hasil pengujian yang akurat dan valid.

Pemateri pelatihan, Dr.Saptowo J. Pardal.

Pemateri pelatihan, Dr.Saptowo J. Pardal.

Balitkabi telah memiliki laboratorium pengujian yang terakreditasi oleh KAN (LP 518-IDN), yaitu: laboratorium kimia tanah, laboratorium kimia pangan, dan laboratorium uji mutu benih. Ketiga laboratorium tersebut telah terakreditasi KAN pada tahun 2011 dan telah direakreditasi untuk kedua kalinya pada tahun 2019. Pada tahun 2021, Balitkabi merencanakan untuk menambah satu ruang lingkup pengujian, yakni deteksi Fusarium sp. terbawa benih dari laboratorium hama dan penyakit untuk diakreditasi.

Pada tanggal 20 Februari 2021, enam personil laboratorium mengikuti virtual training dengan tema “Membudayakan PenerapanSistem Manajemen Mutu ISO/IEC 17025:2017 Secara Utuh dan Berkelanjutan” yang diselenggarakan oleh PT. Multi Flora Javanika. Keenam personil tersebut adalah Ir. Sumartini, M.S., Didik Sucahyono, S.P., M.P., Kurnia Paramita Sari, S.P., M.P., Ekmi Luksmiawati Yunita, S.Si., Heri, S.P., dan Hariatim Pujiono, S.P., yang merupakan personil dari laboratorium kimia tanah, laboratorium uji mutu benih serta laboratorium hama dan penyakit.

Materi pelatihan disampaikan oleh Dr. Saptowo J. Pardal yang merupakan peneliti BB Biogen dan sudah memiliki banyak pengalaman sebagai asesor. Pelatihan ini bertujuan agar personil laboratorium mengenal dan memahami proses akreditasi laboratorium dan persyaratan yang diperlukan dalam sistem manajemen mutu laboratorium, sehingga dapat diimplementasikan secara efektif yang nantinya bermuara pada hasil pengujian yang akurat dan berdampak positif terhadap kepuasan pelanggan.

Peserta training, termasuk personil laboratorium dari Balitkabi (LP 518-IDN)

Peserta training, termasuk personil laboratorium dari Balitkabi (LP 518-IDN)

Dalam paparannya, Saptowo mencontohkan laboratorium pengujian Balitkabi yang sudah menerapkan sistem manajemen mutu dengan baik, karena beliau pernah menjadi asesor KNAPPP sebelumnya. Berbekal ilmu dan pujian tersebut, personil baru laboratorium siap bergabung dengan personil yang sudah lebih dulu bergabung di akreditasi laboratorium sehingga menjadi lebih solid ke depannya.

KPS dan EG