Berita » Penjajagan Sinergi PUI Balitkabi dengan PUI Pusat Metrologi LIPI

sinergiSinergi antar PUI merupakan hal yang harus dilakukan seperti yang diamanatkan oleh Menristek Dikti. Jejaring informasi, kerjasama share knowledge antar lembaga PUI terus dikembangkan. Pusat Metrologi LIPI yang sudah ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek Metrologi oleh Kemenristek Dikti berkunjung ke Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi pada tanggal 19 Desember 2018. Dikoordinir oleh Maharani Palupi, M.Si., tim PUI Metrologi yang hadir sebanyak 13 orang tersebut secara aktif menjajagi dan sekaligus menggali informasi terkait kegiatan PUI Akabi yang mereka anggap sudah berpengalaman karena sudah dua periode ditetapkan sebagai PUI Akabi. Kunjungan diterima oleh Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi, Kasi Jaslit Bambang Sri Koentjoro, M.Kom., Ketua Program Dr. Andy Wijanarko, Ketua Kelti Sosek Ir. Fachrur Rozi, M.S., Ketua Kelti HPT Ir. Sumartini, M.S., pewakilan PUI Balitkabi Sutrisno, S.P., dan Nuryati, M.P.

Kepala Balitkabi menyatakan bahwa sinergi sangat perlu dilakukan dan perlu direspon secara positif. Salah satu penciri PUI adalah ada suatu produk yang dapat didiseminasikan. Balitkabi diuntungkan dengan tiga tupoksi dalam mendukung capaian PUI, yaitu: (1) Pembentukan varietas, (2) Menghasilkan teknologi, dan (3) Balitkabi dipercaya memproduksi benih. Maharani Ratna Palupi, M.Si. menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk belajar mengenai kesuksesan pengelolaan PUI di Balitkabi, sekaligus mempererat tali silaturahmi dengan Balitkabi. “Bila memungkinkan kami ingin melakukan sinergi dengan Balitkabi,” kata Maharani.

Puslit Metrologi LIPI merupakan Pengelola Teknis Ilmiah Standar Nasional untuk Satuan Ukuran (SNSU). Bidikan apa yang dapat disinergikan dengan Balitkabi. Sebagai gambaran awal yang memiliki peluang untuk disinergikan adalah remote control data iklim (curah hujan, suhu, kelembaban) dan kalibrasi intrumen laboratorium.

Dalam kesempatan tersebut rombongan PUI Metrologi juga melihat fasilitas laboratorium yang ada di Balitkabi dan sudah terakreditasi yaitu lab. Kimia Tanah, lab. Pangan dan Pengolahan Hasil, serta lab. Uji Mutu Benih. Rombongan juga melihat bagaimana prosesing benih di UPBS.

Pendalaman sinergi akan dikerucutkan lebih lanjut pada pertemuan selanjutnya.

sinergi1

BSK/SMzy