Berita » Pentingnya Reentry Program bagi Lulusan Petugas Belajar Balitbangtan

Dalam rangka penyegaran kembali ASN Balitbangtan setelah menunaikan tugas belajar, Balitbangtan menyelenggarakan Reentry Program tahun 2018 yang bertujuan menumbuhkembangkan nilai-nilai manajemen korporasi dan memberikan informasi program Kementerian Pertanian terkini. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari, tangal 3−6 April 2018 di Bogor diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari seluruh satker Balitbangtan di Indonesia. Dua orang peneliti Balitkabi (Dr. Febria Cahya Indriani, S.P., M.P. dan Marida Santi Yudha Ika Bayu, S.P, M.Agr) juga turut pada acara tersebut, keduanya telah berhasil menyelesaikan masa studinya pada tahun 2017.

Acara dibuka recara resmi oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Dr. Ir. Muhammad Syakir. “Gelar bukanlah tujuan akhir, tetapi yang lebih penting adalah implementasinya untuk kemaslahatan petani”, ungkap Dr. Syakir. Ilmu yang diperoleh hendaknya ditransformasi menjadi inovasi yang dapat memberikan manfaat bagi petani dan masyarakat Indonesia. “Ubahlah pendekatan penelitian dan modifikasi metode, start dari yang yang sudah ada dan harus cepat menyebarkan setelah diperoleh hasil”, lanjut Beliau. Peneliti ibarat seorang pendekar dan pendekar tidak membutuhkan fasilitas, peneliti harus bisa survive dimanapun berada. Peneliti bukan hanya harus memiliki ketrampilan teori tetapi juga harus mempunyai nyali untuk menghasilkan teknologi.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan Reentry Program ini adalah: 1) Pembinaan karir jabatan fungsional, 2) Dinamika kebijakan dan standar kinerja balitbangtan, 3) Peningkatan HKI hasil inovasi balitbangtan, 4) Peningkatan kapasitas dan kinerja pegawai Kementan, 5) Perkembangan terkini, peluang dan tantangan litbang, 6) Peran pengkajian dan diseminasi dalam hilirisasi teknologi Balitbangtan, dan 7) Program pembangunan pertanian menuju Indonesia sebagai lumbung pangan dunia. Selain itu, para peserta juga mendapatkan materi tentang internalisasi nilai-nilai korporasi Balitbangtan “Growth with Values, Maximizing You, Maximizing Your Nation” oleh Dr. Ari Ginandjar dan tim, agar para petugas belajar lebih siap bekerja kembali dengan mengoptimalkan kemampuannya.

Setelah mengikuti reentry, diharapkan para petugas belajar yang telah lulus dapat aktif kembali bekerja setelah sekian lama menuntut ilmu. Para peneliti bukan lagi berlaga di atas panggung dengan ilmu yang telah diperoleh, melainkan harus menjadi petarung di medan perang. Petugas belajar Balitbangtan diharapkan mampu menjadi peneliti yang tangguh dan menerapkan ilmu-ilmu yang diperolehnya selama studi untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk kesejahteraan petani.

reentri2

MSYIB/FCI