Berita ยป Penutupan Audit Surveillance SMM Balitkabi ISO 9001:2015

Drs. Subarkah selaku Wakil Manajemen pada penutupan audit surveillance

Drs. Subarkah selaku Wakil Manajemen pada penutupan audit surveillance

Rangkaian audit surveillance Sistem Manajemen Mutu (SMM) Balitkabi ISO 9001:2015 telah berlangsung dari tanggal 22 hingga 25 Januari 2021. Audit surveillance dilaksanakan oleh auditor dari PT. Mutu Agung Lestari yang dipimpin oleh Bapak Budi Sarwono selaku ketua tim auditor dan Ruslana Soekada selaku anggota. Audit diselenggarakan secara daring melalui video conference dengan area audit meliputi Top Management, Penanggung Jawab SMM, Sub Bagian Tata Usaha, Subkoordinator Substansi Pelayanan Teknis, Subkoordinator Substansi Jasa Penelitian, Kelompok Peneliti, dan Kebun Percobaan.

Closing meeting dilaksanakan tanggal 25 Januari 2021 melalui video conference dipimpin oleh Bapak Budi Warsono didampingi oleh Bapak Ruslana Soekada, dan dihadiri oleh Kepala Balitkabi, Sub Bagian Tata Usaha, Subkoordinator Substansi Pelayanan Teknis, Subkoordinator Substansi Jasa Penelitian, Ketua Kelompok Peneliti, Koordinator IP2TP, dan internal auditor. Dalam acara tersebut disampaikan pengamatan hasil audit surveillance pertama Balitkabi. Berbagai hal positif tentang pelaksanaan SMM di Balitkabi diuraikan oleh Bapak Budi Warsono. Menurut beliau, Balitkabi sudah mengembangkan sistem dengan baik sesuai standar yang tercantum dalam panduan mutu sebagai standar kerja, yang mana sebagian besar sudah dilaksanakan dan sesuai dengan apa yang diharapkan SMM. Balitkabi telah menetapkan sasaran mutu dan untuk mencapainya telah disediakan sumberdaya yang mencukupi, baik dari segi anggaran, SDM, dan infrastruktur dan telah dilakukan pemantauan dan pengukuran secara periodik. Untuk melanjutkan efektifitas secara keberlanjutan, Balitkabi juga sudah menerapkan bentuk-bentuk evaluasi seperti tinjauan manajemen, audit internal, dan melaksanakan tindakan korektif untuk setiap temuan pada evaluasi tersebut.

Namun demikian, Balitkabi masih membutuhkan peningkatan pada beberapa bidang untuk lebih dapat meningkatkan kinerja dan efektifitas penerapan SMM, diantaranya dalam pengendalian dokumen dan penajaman analisis dalam setiap evaluasi yang dilakukan yang terangkum dalam temuan ketidaksesuaian. Ketua Tim Auditor juga memberikan saran-saran perbaikan kepada Balitkabi agar ke depannya SMM bisa diterapkan dengan lebih efektif. Di akhir acara, Sub Bagian Tata Usaha selaku Wakil Manajemen menanggapi bahwa seluruh ketidaksesuaian akan dirangkum, dicermati, dan ditindaklanjuti oleh Balitkabi sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan. Hasil audit surveillance tentunya merupakan evaluasi bagi Balitkabi untuk bisa menjadi lebih baik lagi.

HP

audi2 audit2
Penyampaian hasil pengamatan selama audit surveillance oleh ketua tim auditor (kiri) kepada Balitkabi sebagai auditee (kanan).