Berita » Kunjungan Penyuluh Pertanian Tabanan-Bali

Sebanyak 35 orang penyuluh pertanian bersama pejabat dan staf Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Tabanan Provinsi Bali, mengunjungi Balitkabi, Senin (18/3). Rombongan diterima oleh Ir. Achmad Winarto, Wisnu Unjoyo, S.P., dan beberapa peneliti Balitkabi. Menurut Sekretaris BP4K Kab Tabanan, Ir. I Wayan Sunarigama, tujuan kunjungan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan penyuluh dalam perkembangan teknologi terutama mengenai hasil-hasil penelitian kedelai. “Harapan kami, hasil-hasil penelitian tersebut mampu ditransfer ke petani untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani kami”, tutur Pak Wayan.

Sementara itu, dalam sambutannya Ir. Achmad Winarto, menjelaskan tugas pokok dan fungsi Balitkabi. Selain itu, Pak Win memperkenalkan web Balitkabi kepada setiap tamu yang mengunjungi Balitkabi. “Sepulang dari Balitkabi, Bapak-bapak dan ibu-ibu menginginkan informasi tambahan tentang hasil-hasil penelitian kacang-kacangan dan umbi-umbian dapat mengunjungi web kami, yaitu www.balitkabi.litbang.deptan.go.id”, jelasnya.

Sebelumnya, para tamu dibawa berkeliling Kebun Percobaan oleh Bapak Wisnu Unjoyo, SP. Di lapang, Pak Wisnu memperkenalkan aneka varietas unggul kedelai, kacang tanah, ubikayu, dan ubijalar yang tumbuh subur dengan aneka karakteristik keunggulannya. Karena tertarik, beberapa penyuluh yang membawa pulang beberapa stek ubijalar untuk dikembangkan. Selesai mengunjungi KP, mereka langsung melihat para pekerja Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) yang sedang melaksanakan prosesing benih. Di UPBS, mereka dipandu oleh Manajer Produksi UPBS, M. Arum, S.P., M.P., yang menerangkan dengan rinci tugas dan kegiatan UPBS Balitkabi dalam mendukung penyediaan benih sumber kacang-kacangan dan umbi-umbian di Indonesia.

Suguhan materi pemuliaan dan varietas unggul kedelai, hama utama tanaman kedelai, serta penyakit utama kedelai, disampaikan secara berturut oleh Purwantoro S.P., (Pemulia Kedelai), Ir. Sri Wahyuni Indiati, M.S., dan Ir. Sumartini, M.S.

Faridah/AW