Berita » Peran Serta Balitkabi dalam Mencegah Penyebaran COVID-19

Kepala Balitkabi, Dr. Yuliantoro Baliadi saat memberi sambutan pada penyerahan bantuan hand sanitizer dan disinfektan kepada masyarakat sekitar Balitkabi, Rabu, 8 April 2020

Kepala Balitkabi, Dr. Yuliantoro Baliadi saat memberi sambutan pada penyerahan bantuan hand sanitizer dan disinfektan kepada masyarakat sekitar Balitkabi, Rabu, 8 April 2020

Di tengah mewabahnya virus Corona di Indonesia, Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) di bawah Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian bergerak menyalurkan bantuan hand sanitizer dan disinfektan pada pegawai dan warga sekitar Balitkabi pada hari Rabu tanggal 8 April 2020.

Acara serah terima hand sanitizer dan disinfektan dipimpin langsung oleh Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi didampingi Plh KTU Mayar, S.P. Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Camat Pakisaji, perwakilan Camat Sumberpucung, perwakilan Kepala Desa Kendalpayak, Wadir UPBS, perwakilan koordinator IP2TP lingkup Balitkabi, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Balitkabi. Acara serah terima hand sanitizer dan disinfektan dilakukan secara sederhana, singkat dan cepat sesuai dengan Protap yang telah ditentukan selama pandemi Covid-19. Semua peserta yang hadir juga menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak (social distancing) dan telah disediakan hand sanitizer selama acara berlangsung.

Dalam sambutannya Kepala Balai menyampaikan bahwa melihat fenomena pandemik seperti sekarang, Balitkabi berupaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 salah satunya dengan penyediaan dan pembuatan hand sanitizer dan disinfektan untuk lingkup Balai dan lingkungan sekitarnya. Pada kesempatan tersebut, Beliau menyampaikan apresiasi kepada semua yang terlibat dalam menyiapkan pembuatan disinfektan dan hand sanitizer. “Terima kasih, sudah bersedia masuk kantor di tengah WFH karena rasa kemanusiaan. Niat kerja kita untuk saling membantu dan tolong menolong” ujarnya. Rasa terima kasih juga disampaikan Ibu Sekretaris Camat Pakisaji kepada Balitkabi yang telah membantu mendukung aparat desa mencegah penularan COVID-19. Beliau juga meminta perkenan Balitkabi membantu aparat desa dan warga dalam pembuatan disinfektan dan hand sanitizer sesuai standar yang ditentukan.

Hingga saat ini Balitkabi telah menyediakan 200 L larutan induk (biang) disinfektan yang dikemas dalam wadah lima (5) L dan 500 botol hand sanitizer yang berisi 100 ml larutan, yang akan dibagikan kepada masyarakat disekitar lingkungan kantor antara lain warga Kecamatan Pakisaji, Kecamatan Sumberpucung, Kelurahan Kendalpayak, karyawan UPBS, IP2TP, Dharma Wanita Persatuan, dan staf lingkup Balitkabi.

Disinfektan yang dibagikan merupakan larutan induk (biang) volume lima (5) L yang dapat diencerkan dengan air hingga 50 L, sehingga dapat digunakan untuk penyemprotan sedangkan hand sanitizer yang diberikan sudah dalam bentuk siap pakai. Sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Pertanian Nomor 1044/SE/KP.370/03/2020 tanggal 17 Maret 2020, tentang pelaksanaan Tugas Kedinasan di Lingkungan Kementerian Pertanian dalam rangka pencegahan dan perlindungan dari wabah penyakit COVID-19, Balitkabi telah melakukan berbagai tindakan pencegahan diantaranya membuat jadwal Work From Home (WFH) dari tanggal 23 Maret s.d 21 April 2020, melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh area kantor Balitkabi, menyiapkan hand sanitizer disetiap ruangan kerja dan area publik di lingkungan kantor, dan membuat hand sanitizer dan disinfektan sesuai standar WHO di laboratorium tanah dan tanaman Balitkabi.

Diharapkan dengan pembagian disinfektan ini dapat membantu masyarakat mencegah penularan Covid-19 dengan cara menjaga kebersihan tangan dan lingkungan sehingga pandemik ini dapat segera berakhir. Balitkabi siap mendampingi masyarakat dalam pembuatan disinfektan dan hand sanitizer jika dibutuhkan.

Proses pembuatan disenfektan dan hand sanitizer di Laboratorium Balitkabi

Proses pembuatan disenfektan dan hand sanitizer di Laboratorium Balitkabi

Dus berisi hand sanitizer dan botol semprot untuk disinfektan yang akan disumbangkan kepada masyarakat sekitar Balitkabi

Dus berisi hand sanitizer dan botol semprot untuk disinfektan yang akan disumbangkan kepada masyarakat sekitar Balitkabi

Kegiatan serah terima hand sanitizer dan disinfektan oleh Balitkabi ke masyarakat sekitar

Kegiatan serah terima hand sanitizer dan disinfektan oleh Balitkabi ke masyarakat sekitar

Penyerahan  hand sanitizer dan disinfektan ke Kepala IP2TP lingkup Balitkabi

Penyerahan hand sanitizer dan disinfektan ke Kepala IP2TP lingkup Balitkabi

Penyerahan  hand sanitizer dan disinfektan ke Ketua DWP Balitkabi

Penyerahan hand sanitizer dan disinfektan ke Ketua DWP Balitkabi

Penyerahan  hand sanitizer dan disinfektan ke perwakilan UPBS Balitkabi

Penyerahan hand sanitizer dan disinfektan ke perwakilan UPBS Balitkabi

Penyerahan  hand sanitizer dan disinfektan ke perwakilan Kelurahan

Penyerahan hand sanitizer dan disinfektan ke perwakilan Kelurahan

Penyerahan  hand sanitizer dan disinfektan ke perwakilan Kecamatan Pakisaji

Penyerahan hand sanitizer dan disinfektan ke perwakilan Kecamatan Pakisaji

EU/AA