Berita ยป Percepat Pembangunan di Bidang Pertanian, Peneliti Timor Leste Berkunjung ke Balitkabi

Dalam rangka percepatan pembangunan di bidang pertanian khususnya komoditas aneka kacang dan umbi, Peneliti Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste melakukan kunjungan ke Balitkabi. Senada dalam sambutannya Adalfredo Do Rosario Ferreira, Direktur Pusat Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste selaku ketua rombongan menyampaikan bahwa Timor Leste sebagai negara muda perlu meningkatan pengetahuan, kemampuan dan pengalaman bagi staf peneliti Timor Leste. Rombongan sebanyak 20 orang didampingi oleh 2 staf pengajar IPB, Dr Endar Retno Palupi dan Dr M. R. Suhartanto diterima Dr. M. Jusuf, Perwakilan Balitkabi di Aula (28/10).

Kunjungan ke Ruang Uji Daya Tumbuh dan Penyimpan Benih Aneka Kacang

Setelah sambutan dari masing-masing perwakilan, dilanjutkan paparan materi dan diskusi yang disampaikan oleh peneliti Balitkabi : Dr. M. Jusuf, Dr. Novita Nugrahaeni, dan Ir. Suhartina, MP. Rombongan mendapat penjelasan mulai dari teknik budidaya, hama penyakit dan cara pengendaliannya hingga varietas unggul pada tanaman kedelai, kacang tanah dan ubijalar.

Praktik Penyilangan Pada Kedelai dan Foto Bersama Peneliti Timor Leste

Usai paparan materi, rombongan mengunjungi demplot pertanaman aneka kacang dan umbi (KABI) di Kebun Percobaan Kendalpayak, Unit Pengelolaan Benih Sumber, Cold Storage Plasma Nutfah aneka kacang dan display produk olahan KABI. Pada kesempatan tersebut dilatihkan pula cara penyilangan pada kedelai oleh ibu Suhartina. Peserta kunjungan sangat antusias, beragam pertanyaan telah diutarakan dan berhasil dijawab semua oleh peneliti Balitkabi.

NC/Win