Berita » Perkaya Wawasan Penyuluh, Bakorluh Studi Banding ke Balitkabi


Inovasi teknologi di dunia pertanian berkembang pesat, mulai dari perbenihan, teknologi budidaya bahkan sampai pada pascapanen. Maka dari itu tuntutan untuk menambah serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan seakan menjadi tuntutan. Berkenaan dengan hal tersebut, Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Majalengka melaksanakan studi banding ke Balitkabi, demikian disampaikan Koordinator Penyuluh Pertanian Kabupaten Majalengka, Ekoy Haryono, SP Senin (21/5/2012) di Aula Utama Balitkabi.

 

Tamu dari Majalengka yang terdiri dari Penyuluh POPT, PTD/Kepala Urusan Ekonomi dan Pembangunan, kontak tani dan wanita tani seKecamatan Leuwimunding diterima oleh Ir. Achmad Winarto dan empat peneliti Balitkabi.

Pada kunjungan ini, Dr. Heru Kuswantoro, peneliti plasma nutfah dan pemuliaan tanaman menyuguhkan materi Teknologi Produksi Kedelai, sedangkan Prof. Dr. Astanto Kasno menyampaikan materi program peningkatan produksi kacang tanah. Selanjutnya Kartika Noerwijati, SP,MP memperkenalkan  varietas unggul ubi kayu, dilanjutkan pemaparan varietas unggul ubi jalar oleh  Ir. St. A. Rahayuningsih, MS.

Mereka juga mengunjungi pertanaman penelitian, perbanyakan, dan koleksi plasma nutfah ubi kayu, ubi jalar, serta umbi-umbian potensial.

Pak Margono (bertopi hijau) memperkenalkan varietas unggul ubi kayu


Peserta studi banding mencermati pertanaman ubi jalar


Salah satu peserta studi banding mengambil stek ubi jalar untuk dikembangkan didaerahnya