Berita ยป Pertemuan Forum Perbenihan

forum-benih1

Pertemuan Forum Perbenihan yang dilaksanakan di Surakarta tanggal 28-30 Agustus 2013 sangat penting artinya untuk meningkatkan koordinasi dan persamaan persepsi dalam pelaksanaan program perbenihan tanaman pangan. Koordinasi melibatkan pusat dan daerah serta stakeholder terkait dalam rangka optimalisasi sistem perbenihan sehingga diharapkan benih varietas unggul bersertifikat dapat tersedia dengan kebutuhan pengguna benih secara tepat varietas, tepat volume, tepat waktu, tepat lokasi dan dengan harga yang terjangkau. Hal ini merupakan tugas yang sangat berat apabila tidak ada dukungan institusi dan masyarakat tani yang terkait dalam proses penyediaan benih tanaman pangan. Dalam pelaksanaan pencapaian target produksi tanaman pangan menemui beragam masalah antara lain: 1) dampak perubahan iklim dan serangan organism pengganggu tanaman, 2) rusaknya infrastruktur irigasi, lingkungan, dan disamping itu 3) sistem penyediaan benih belum dapat memenuhi kebutuhan secara optimal, sistem sertifikasi dan pengawasan peredaran benih belum sesuai harapan, kelembagaan yang belum berjalan dengan baik. Mengingat pentingnya permasalahan atau kendala yang masih di temui dalam sistem perbenihan ini makan dibahas dan dikupas secara tuntas dengan menyajikan dua makalah utama dengan pokok bahasan: 1) Pengembangan sistem perbenihan tanaman pangan oleh Dr Bambang Budhianto Direktur Perbenihan Tanaman Pangan DIRJENTAN, yang menyoroti peningkatan kinerja perbenihan tanaman pangan dan sebagai pembahas adalah Dr. udin S. Nugraha Badan Litbang Pertanian, Dr Abdullah Qadir IPB dan Ir. Sucipto Produsen Benih.. 2) Sistem penyediaan benih tanaman kedelai oleh Prof. Dr. Marwoto Peneliti Badan Litbang Pertanian yang menggagas kemandirian benih kedelai di sentra produksi kedelai melalui sistem Jalur Benih Antar Lapang Antar Musim dan yang bertindak sebagai pembahas Dr. Mama Suherman, Direktur Budidaya Aneka Kacang dan Ubi, Prof. Dr. Suyono Universitas Negeri Jember dan Ir. Setyastuti M.Sc. dari Universitas Gajah Mada. Hasil pertemuan sepakat untuk meningkatkan kinerja lembaga perbenihan negeri maupun swasta dan peningkatan peran penangkar dalam penyediaan produksi tanaman pangan. Sistem Jabalsim dengan pembuatan matrik penyediaan benih kedelai segera di buat dan strategi operasional dapat di jalankan.

Pertemuan Forum Perbenihan di hadiri oleh Kepala Dinas Pertanian yang di damping kasubdin Produksi, Kepala BPSB dan Kepala BBI seluruh Indonesia, serta penangkar benih.

Bapak Dirjentan Udhoro Kasih Anggoro memberikan pengarahan dan Prof. Dr. Marwoto No 2 dari kiri di damping para pembahas dan moderator.

Dr. Bambang Budhianto Direktur Perbenihan Dirjentan dan para peserta Forum Perbenihan.

Marwoto/Eriyanto