Berita ยป Perubahan Positif di Balitkabi Harus Terus Dikembangkan

Perubahan positif di Balitkabi harus terus ditingkatkan untuk menjawab tantangan yang terus berkembang. Demikian disampaikan oleh Prof. Dr. Suyamto, Ketua Forum Komunikasi Profesor Riset wilayah Jawa Timur, yang sekaligus mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian, saat memberikan sambutan pada Serah Terima Jabatan Kepala Balitkabi dari Dr M. Muchlish Adie kepada Dr Didik Harnowo. Menurut Prof Suyamto, Pak Muchlish telah berhasil membawa Balitkabi meraih banyak prestasi, hingga ke tingkat nasional, termasuk manfaat yang semakin dirasakan secara luas. Selanjutnya Pak Yamto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Puslitbangtan, Pak Muchlish yang menjabat Kepala Balitkabi 2 tahun 5 bulan ini dijuluki sebagai pimpinan yang cepat tanggap dan tuntas. Oleh karena itu, “Prestasi yang sudah diraih Balai harus dipertahankan dan ditingkatkan”, tegas Profesor yang juga mantan Kepala Balitkabi dan BPTP Jawa Timur ini.Sementara Dr. Muchlish menyampaikan permohonan maaf karena dalam kepemimpinannya masih terdapat kekurangan yang belum dapat diperbaiki. Beliau mengharap kepemimpinan yang baru dapat memperbaiki kekurangan tersebut sehingga eksistensi Balai semakin maju. Lebih lanjut Dr Muchlish meminta kepada seluruh staf Balitkabi untuk mendukung Dr Didik Harnowo. Beliau menyampaikan bahwa dengan pengalaman pendadaran beliau di tiga BPTP (Kendari, Sumut, dan Jatim) akan menjadikan Balitkabi akan bertambah maju. “Mari kita dukung Pak Didik Harnowo”, tegas beliau.
Dr. Ir. Didik Harnowo, MS. sebagai Kepala Balitkabi yang baru, mengucapkan terima kasih atas sambutan karyawan Balitkabi dalam acara serah terima jabatan ini yang begitu meriah. Beliau berharap semangat karyawan Balitkabi tidak mengalami kemunduran dengan terjadinya pergantian kepemimpinan. Maju mundurnya Balitkabi tidak hanya ditentukan oleh pimpinannya tetapi semua bagian Balai ini. Untuk itu beliau mengharapkan kerjasama yang baik untuk memajukan Balitkabi. Salah satu hambatan besar yang saat ini harus dihadapi adalah terjadinya krisis ketersediaan kedelai nasional dan melambungnya harga kedelai. Beliau mengharapkan agar para peneliti mampu memberikan sumbangsih untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Sementara itu Dr. A.A. Rahmianna mewakili karyawan Balitkabi, mengucapkan terimakasih atas semua bimbingan dan kepemimpinan yang diterapkan Pak Muchlish serta mohon maaf jika dalam melaksanakan tugas yang diembankan tidak bisa maksimal seperti yang dikehendaki. Kepada Pak Didik, yang pulang kandang ke Balitkabi, karyawan Balitkabi mengharapkan agar prestasi yang sudah diraih oleh Balitkabi selama ini terus ditingkatkan sehingga eksistensi balai semakin dirasakan secara Nasional.

Acara lepas sambut ditutup dengan pemberian cindera mata dari beberapa pihak karyawan dan pejabat struktural lingkup Balitkabi dan hiburan wayang orang Balitkabi dengan judul Jopo Sakti Bethari Durga.Perubahan positif yang terjadi di Balitkabi selama ini, memang harus terus dikembangkan. Terima kasih Pak Muchlish, selamat berkarya di kandang sendiri Pak Didik. Tuhan bersama kita!
Sutrisno/AW