Berita » Peserta Diklat Agribisnis Kacang Tanah Kunjungi KP Jambegede

kunjungan_jambegede_1

 

Dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan mendalami budidaya kacang tanah, 30 peserta Diklat Pertanian di Balai Besar Pelatihan Pertanian Malang Bedali berkunjung ke Show Window Teknologi di KP Kendalpayak (Sabtu, 21-4-2012). Peserta yang berasal dari provinsi Jawa Tengah, DI  Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat diterima oleh Kepala Kebun Imam Sutrisno S.P.

Kunjungan sehari diisi dengan penjelasan tentang KP Jambegede dalam melaksanakan fungsi penelitian, kegiatan Praktik Lapang Budidaya, dan tukar pengalaman dalam bidang agribisnis kacang tanah. Praktik dan penjelasan lapang budidaya yang dilakukan meliputi cara tanam, penyiangan, pengendalian hama/penyakit, panen dan pasca panen kacang tanah. Pascapelatihan, diharapkan kemampuan peserta pelatihan bertambah sehingga akan sangat bermanfaat untuk bekal penyuluhan dan pengembangan agribisnis kacang tanah di tempat kerja masing-masing.

 

“Kunjungan ini menyenangkan kami, karena kami bisa berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola budidaya kacang tanah yang kami usahakan di Visitor Plot, Show-Window Teknologi, atau Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)”, tutur Pak Imam, yang dalam menerima tamu ini didampingi beberapa Staf. Visitor Plot atau Show-Window Teknologi bertujuan untuk mendemonstrasikan hasil penelitian agar dapat dikunjungi dan kemudian dicontoh oleh masyarakat (Show-Window Teknologi). Di lokasi visitor plot itu praktik budidaya maju diterapkan dengan lengkap, sehingga hasilnya akan optimal. Dan itulah visitor plot atau show window teknologi, yang merupakan media percontohan di lingkungan Balitkabi dan Badan Litbang Pertanian seluruh Indonesia.

Praktik pengendalian organisme pengganggu di Visitor Plot kacang tanah di KP Jambegede