Berita » Petani Lamongan Perdalam Teknologi Produksi Kacang Hijau

petani_lamongan_pur

Sebanyak enam puluh orang petani dari Kelompok Tani Desa Pangean, Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan, bersama Penyuluh dan Petugas dari UPT Dinas Pertanian dan Kehutanan Kec Maduran berkunjung ke Balitkabi. untuk memperdalam pengetahuan sebagai upaya utnuk meningkatkan produksi kacang hijau di wilayahnya. Menurut Purwowidodo, setiap tahun luas tanam kacang hijau di wilayah mencapai 2500 ha. Sebagian besar ditanam setelah padi ke-2, dengan pola tanam padi – padi – kacang hijau. “Walaupun tanahnya kelihatan kering, dan pecah-pecah (nelo – Jw), kacang hijau di daerah kami masih tumbuh baik dan memberikan hasil lumayan” tutur Pak Pur

Para bapak dan ibu tani yang berkunjung ingin mendapatkan benih dari varietas unggul baru yang hasilnya tinggi dan umurnya genjah agar dapat memanfaatkan sisa air dari pertanaman padi ke-2.

 

Para Ibu dan Bapak Tani dengan keluarganya menyimak penjelasan budi daya kacang hijau

Mereka menerima penjelasan tentang Teknologi Budidaya kacang hijau dari Ir. Trustinah M.S. Untuk pengenalan tugas, peran, dan hasil penelitian Balitkabi disampaikan oleh Achmad Winarto. Balitkabi menyampaikan terima kasih kepada para petani tamu tersebut. Karena dengan kedatangan para Bapak dan Ibu Petani penyebaran hasil penelitian menjadi lebih cepat. “Inovasi hasil Balitkabi akan segera sampai ke lahan petani”, tutur Pak Win kepada para tamunya.

Setelah mendapatkan penjelasan di Aula, selanjutnya para tamu diajak melihat kegiatan prosesing benih di UPBS. Selain menikmati tiwul instan yang diperkaya gizinya, mereka juga mendapatkan penjelaskan bagaimana cara membuat tiwul tersebut di Lab Pangan. Di Lab ini juga dijelaskan pengolahan produk olahan dari ubikayu dan ubi jalar oleh staf Lab Pangan.

Budidaya kacang hijau disampaikan oleh Ir. Trustinah, M.S.