Berita » Petani Ubi Kayu Toba Samosir dan Simalungun Panen Perdana Varietas Malang 4

tobaAdopsi varietas unggul ubi kayu merupakan salah satu agenda kegiatan kerjasama penelitian internasional “Developing Value‐Chain Linkages to Improve Smallholder Cassava Production Systems in Vietnam and Indonesia”. Pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah University of Queensland (Australia), CIAT (International Center for Tropical Agricultural), Balitkabi (Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi), dan Universitas Brawjijaya Malang dengan menggandeng stakeholder PT Bumisari Prima (Pematang Siantar). Penyandang dana kegiatan adalah ACIAR (Australian Centre for International Agricultural Research).

Berdasarkan uji coba beberapa varietas ubi kayu di tahun 2016, Varietas Malang 4 sangat disukai petani dan terpilih untuk dikembangkan lebih lanjut. Kegiatan penanaman adopsi Varietas Malang 4 mulai dilakukan awal musim hujan tahun 2017 di empat kecamatan yaitu Kecamatan Uluan (Kabupaten Toba Samosir) dan Kecamatan Tapian Dolok, Siantar Martoba, Dolok Merlawan (Kabupaten Simalungun), dengan total luas lahan sekitar 4 hektar.

Panen ubi kayu Malang 4 di Kabupaten Toba Samosir.

Panen ubi kayu Malang 4 di Kabupaten Toba Samosir.

Panen ubi kayu Malang 4 di Toba Samosir dilakukan pada umur 9 dan 8 bulan. Hasil umbi yang diperoleh pada umur 9 bulan sekitar 50 t/ha, sedangkan umur 8 bulan mencapai 35 t/ha. Petani ubi kayu di Kecamatan Uluan, Toba Samosir, sangat tertarik dengan Malang 4. Diperkirakan Varietas Malang 4 dapat mengalahkan Varietas Adira 4 yang telah lama dibudidayakan mereka dengan potensi hasil sekitar 50 t/ha jika dipanen umur 12 bulan. Diduga jika Malang 4 dipanen pada umur 12 bulan, hasilnya dapat mengalahkan Adira 4.

Panen ubi kayu Malang 4 di Kabupaten Simalungun.

Panen ubi kayu Malang 4 di Kabupaten Simalungun.

Di Kabupaten Simalungun, ubi kayu Varietas Malang 4 dipanen pada umur 8‒10 bulan. Hasil umbi yang diperoleh cukup bagus yaitu ubi berkisar antara 25,0–43,0 t/ha. Petani sangat antusias dan puas melihat hasil panen perdana Varietas Malang 4 dan berencana untuk mengembangkan Malang 4 lebih luas lagi.

KN/YW/RK