Berita » PNS Baru Balitkabi Ikuti Apresiasi Kepegawaian

apresiasi-kepeg1

Dalam rangka mendukung terwujudnya penciptaan birokrasi pemerintahan yang didukung aparatur SDM yang profesional, berkarakter, dan berintegritas, Balitkabi mengirim dua PNS baru mengikuti ”Apresiasi Kepegawaian lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2012”. Apresiasi diselenggarakan oleh Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian, 14-16 Juni 2012, di Hotel Goodway, Nusa Dua, Bali.

Peserta ”Apresiasi Kepegawaian” ini adalah para pengelola kepegawaian dan pegawai yang baru diangkat PNS tahun 2012 di lingkungan Kementerian Pertanian. Sekitar 150 peserta Apresiasi mengikuti kegiatan untuk mendapatkan pencerahan dan meningkatkan pengetahuan serta wawasan sebagai aparatur negara dan abdi masyarakat. Pegawai Negeri Sipil dituntut untuk memberikan pelayanan yang profesional, jujur, cepat, tepat dan akurat serta bebas KKN dalam menyelenggarakan tugas negara dan pemerintah. Untuk itulah seluruh aparatur Kementerian Pertanian diharapkan mampu menjaga dan memperbaharui perspektif dan wawasan menyangkut kebijakan-kebijakan pembangunan pertanian yang telah dicanangkan dan ditetapkan. Selain itu seluruh aparatur Kementerian Pertanian diminta memahami misi, tugas, dan fungsi Kementerian Pertanian. Hal ini dapat diaktualisasikan dengan cara menaati aturan dan pedoman penyelenggaraan tata kelola pemerintah yang baik dan akuntabel berdasarkan kerangka manajerial yang sistematis dan terencana, bermoral dengan melakukan pengawasan yang melekat dalam diri masing-masing.

Apresiasi, yang  diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dibuka secara resmi oleh Bpk. Syamsu Hilal, Staf Khusus Mentan Bidang Pembinaan SDM, menyuguhkan materi yang berkait dengan karakter dan integritas. Untuk Implementasi SOP Kemtan disampaikan oleh Ibu Retno. Materi Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) berbasis web, disampaikan oleh Bpk. Zulkifli, Ka. Bagian Mutasi. Ibu Esti Hermiyati, Kepala Bagian Organisasi, Biro Organisasi dan Kepegawaian, memberikan materi tentang Etika dan Disiplin PNS. Percepatan Reformasi Birokrasi, disampaikan oleh Bpk. Winarhadi, Ka. Biro Organisasi & Kepegawaian.

Acara ditutup oleh Bpk Ramli, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) & Reformasi Birokrasi (RB), yang sebelumnya memaparkan materi ”Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur dalam rangka Reformasi Birokrasi”.

Bpk. Syamsu Hilal saat memaparkan materi bertema ”Membangun SDM Pertanian yang berkarakter dan berintegritas”

Ir. Sutrisno, MP, Ka. Tata Usaha (baju warna merah), Nur Chasanah (kerudung kuning tua), Affandi Kristiono, SP (calon Peneliti, baju putih) diantara peserta “Apresiasi Kepegawaian” yang lain.