Berita » Progres Kegiatan 2015 dan Rencana Kegiatan 2016 di Balitkabi

rakoriv

Rapat koordinasi membahas progres kegiatan penelitian dan capaian IKU 2015, serta rencana kegiatan dan target IKU 2016 dilaksanakan pada tanggal 30 November 2015 di aula Balitkabi. Rapat koordinasi dihadiri oleh pejabat terkait di Balitkabi, penanggung jawab RPTP/RDHP, dan kepala Kebun Percobaan. Kegiatan dibuka oleh Kepala Balitkabi, Dr. Didik Harnowo. Rapat koordinasi ini dibagi ke dalam tiga sesi presentasi, diakhir setiap sesi dilakukan diskusi. Pada sesi pertama dipresentasikan empat kegiatan dari PPK, Koordinator Program, Ka. Tata Usaha, dan Ka. Yantek. Pada presentasinya Ir. Lawu Joko Santoso menyampaikan bahwa serapan Balitkabi hingga 30 November 2015 adalah 84,51%, diharapkan pada akhir Desember bisa mencapai 95,97%. Dr. Gatut Wahyu Anggoro Susanto selaku koordinator program menyampaikan penyelenggaraan kegiatan 2015 dan 2016. Wisnu Unjoyo, S.P. menyampaikan progress dan capaian RKTM, layanan perkantoran, dan belanja modal Tahun 2015 dan 2016. Capaian target IKU 2015 dan rencana target IKU 2016 disampaikan oleh Dr. Yusmani Proyogo.

Pada sesi kedua dipresentasikan tiga kegiatan. Presentasi pertama adalah laporan kemajuan TSP 2015 yang disampaikan oleh Dr. Suharsono, presentasi kedua proges kegiatan 2015 dan rencana 2016 Tim SDM disampaikan oleh Ir. Fachrur Rozi, M.S. sebagai Ketua Tim SDM, dan presentasi terakhir adalah proges kegiatan 2015 dan rencana 2016 Tim Pengadaan Balitkabi yang disampaikan oleh Drs. Edi Marsudi. Sesi ketiga adalah presentasi mengenai kegiatan pada Kebun Percobaan (KP Ngale, KP Kendalpayak, KP Jambegede, KP Muneng, dan KP Genteng). Masing-masing kepala Kebun Percobaan mempresentasikan proges kegiatan 2015 dan rencana 2016 di setiap kebun percobaan. Presentasi tambahan disampaikan oleh Salam Agus Rianto, S.P., mengenai rencana pembangunan gedung laboratorium sentral dan rencana pembangunan gudang prosesing benih Balitkabi TA 2015 Belanja Modal SMARTD.

Pada akhir Rakor, Koordinator Program menyampaikan beberapa catatan yaitu:

  1. Kegiatan penelitian diharapkan lebih berinovasi (teknologi dan VUB), VUB harus lebih baik dari sebelumnya.
  2. Sebagai saran, apabila Balai tidak bisa memfasilitasi penelitian, maka bisa diusahakan dengan penelitian kemitraan.
  3. Prioritas semua kebun percobaan secara umum adalah kebutuhan air, sehingga kepala kebun percobaan mengalokasikan belanja modal di bidang pengairan.
  4. Balitkabi penting melakukan kaderisasi, jangan sampai hal-hal penting tidak bisa diserap oleh junior.
  5. Tahun 2016 belanja modal banyak dialokasikan pada pembangunan gedung, sehingga mungkin akan mengganggu mobilisasi, maka diharapkan pengertian dari semua pihak. Jika ditemukan hal-hal yang tidak sesuai pada pembangunan bisa disampaikan kepada pengawas.

WR