Berita » PUI Akabi Pantas menjadi Top Benchmarking

topBalitkabi telah memasuki tahun ke-4 menyandang status sebagai pusat unggulan iptek (PUI) AKABI sejak tahun 2014. Tidak mudah untuk tetap eksis menjaga prestasi dalam kelembagaan. Dibutuhkan kerjasama dan dukungan yang solid di berbagai lini. Untuk memonitor dan mengevaluasi kinerja litbang PUI AKABI, pada tanggal 31 Oktober 2018 dilakukan supervisi oleh tim monev dan tim pakar Kemenristekdikti. Tim dari monev dan pakar yang hadir diantaranya adalah Yudho Baskoro Muriadi, S.Sos., M.SI., MPP (Kemristekdikti), Umi Salama, S.Kom (Kemenristekdikti), Dr. Ir. H. Sudarjat, M.P. (UNPAD), Prof. Dr. Suyamto Hardjosuwirjo (Balitbangtan-Kementan). Acara monev supervisi ini diikuti oleh pejabat eselon IV, seluruh peneliti, calon peneliti, dan teknisi.

Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi dalam sambutannya menyampaikan, rasa terimakasih kepada tim PUI yang telah bekerja keras dan kepada seluruh karyawan Balitkabi. Tanpa dukungan dari seluruh ASN dan non ASN, mustahil dapat tercapai berbagai prestasi yang diraih Balitkabi. Balitkabi telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 untuk lingkup manajemen Balai dan UPBS, ISO 17025:2008 untuk laboratorium, KNAPPP untuk pranata litbang dan PUI AKABI, sehingga masing-masing dari kita harus menjadi pribadi yang bertanggung jawab, ujar Yuliantoro.

Pada acara tersebut, Dr. Moch. Muchlish Adie selaku koordinator tim PUI Akabi menyampaikan profil Balitkabi secara ringkas, capaian kinerja PUI AKABI, serta deskripsi permasalahan dan solusinya. Capaian kinerja PUI meliputi 3 fokus penguatan lembaga, yaitu (1) Sourcing-Absorptive Capacity (SAC), (2) Research & Development Capacity (RDC), dan (3) Disseminating Capacity (DC). Di bidang SAC, Balitkabi telah memegang sertifikasi ISO 9001: 2015 UPBS dan manajemen Balai, ISO 17025:2008 untuk 3 laboratorium, sertifikat KNAPPP pranata litbang, meraih peringkat 2 lomba website se-Balitbangtan, dan lain sebagainya. Di bidang RDC, Balitkabi pada tahun 2018 telah melepas 7 varietas unggul baru (VUB) akabi, 3 paten, 7 calon VUB yang telah dinyatakan lulus sidang pelepasan, kerjasama riset tingkat nasional dan internasional, pembicara dalam forum internasional, publikasi dalam jurnal nasional terakreditasi dan internasional terindeks scopus. Dalam bidang DC, informasi teknologi, stok benih UPBS yang tersedia dalam website Balitkabi, pembinaan inkubator bisnis, kegiatan temu lapang, gelar teknologi, dan pameran merupakan sarana dalam penderasan hilirisasi produk.

top1

Presentasi capaian Balitkabi yang komprehensif dengan deskripsi supervisi dan data kinerja yang disampaikan secara lengkap tak pelak mendapatkan apresiasi dari Tim Kemenristekdikti. Yudho memuji PUI Akabi sebagai top benchmarking untuk semua lembaga PUI. Selanjutnya Dr. Ir. H. Sudarjat, M.P. (Tim PUI Kemenristekdikti) dan Prof. Dr. Suyamto Hardjosuwirjo (Tim Pakar) menambahkan saran-saran agar PUI AKABI menjadi lebih baik lagi.

Sebelum menutup kegiatan Monev kinerja litbang PUI AKABI, Yudho Baskoro Muriadi, S.Sos., M.SI., MPP mempresentasikan tentang “Platform Sinergi”. Pada presentasi tersebut disampaikan bahwa sampai dengan tahun 2016 masing-masing Lembaga PUI hanya mempunyai keunggulan sendiri. Jika keunggulan masing-masing lembaga PUI bisa diintegrasikan maka akan tercipta keunggulan yang lebih hebat lagi. Integrasi keunggulan tersebut dituangkan dalam “Platform Sinergi” yang memiliki konsep dari egosystem menjadi ecosystem dengan mempunyai tujuan meningkatkan daya saing serta efektivitas dan efisiensi. Platform Sinergi terbagi menjadi 2 fase, yaitu Fase Input dan Fase Output. Dari identifikasi keunggulan, maka diperoleh data: dari 102 lembaga PUI terbagi menjadi 7 klaster dengan 48 produk. Di akhir presentasinya, Yudho menyampaikan bahwa Lembaga PUI AKABI harus selesai menginput semua data yang diperlukan untuk penilaian pada minggu pertama November, agar segera dapat dinilai oleh Tim Pakar. Sehingga pada tanggal 26 November proses penilaian sudah selesai untuk diformulasikan. Hasil penilaian akan disampaikan pada acara PUI pertengahan bulan Desember 2018.

RTH/WR