Berita » Rakor Balitkabi Triwulan II Tahun 2016

Kegiatan rakor triwulan II tahun 2016 di Balitkabi dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2016. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ka Balai (Dr. Didik Harnowo), Pejabat Eselon 4, Staf Administrasi, Peneliti, Calon Peneliti, dan Teknisi Balitkabi. Tema bahasan yang diangkat pada rakor kali ini diantaranya adalah: (1) Target Realisasi Anggaran Keuangan DIPA Balitkabi oleh PPK (Ir. Lawu Joko Santosa), (2) Program Prioritas, Sasaran, dan Monev Balitkabi oleh Ketua Program (Dr. Gatut Wahyu Anggoro A.S), (3) Sub Bagian Tata Usaha oleh Kabag Tata Usaha (diwakili oleh Drs. Subarkah), (4) Pelaksanaan Layanan Jaslit dan Perencanaan Triwulan Berikutnya oleh Kasie Jaslit (Ir. Arif Musaddad), (5) Paradigma Usulan Anggaran an Antisipasinya serta Pembinaan KP oleh Kasie Yantek (Dr. Yusmani Prayogo), dan (6) Penilaian Kegiatan Penelitian untuk Target IKU 2016 oleh Ketua Tim Tek Tekaril (Prof. Dr. Subandi). Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain adalah manajemen SDM Balai, hasil monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan penelitian yang menjadi target IKU Balai, serta pengelolaan Buletin Palawija.

Drs. Subarkah selaku Plh. Ka TU Balitkabi memaparkan pencapaian program pengelolaan SDM hingga triwulan II. Manajemen pengelolaan SDM yang masih perlu diperhatikan adalah proses upgrade SDM teknisi lingkup Balitkabi termasuk Kebun Percobaan. Selain itu, pembuatan SKP yang dilakukan oleh seluruh pegawai Balitkabi di bawah pengawasan Ka. TU juga perlu diperhatikan. Drs. Subarkah menyampaikan bahwa, keterlibatan Ka. Kelti dalam pembuatan SKP merupakan bagian dari pemantauan bagian tata usaha agar SKP sesuai dengan kapasitas personal pegawai. “Ka. Kelti diharapkan merupakan orang yang paling paham tentang kapasitas anggota kelti sehingga Balitkabi melibatkan Ka. Kelti dalam proses tinjau ulang SKP yang telah direncanakan oleh masing-masing pegawai”, ujar Drs. Subarkah.

21-6-16

Tim Monitoring dan Evaluasi memaparkan bahwa beberapa penelitian yang menjadi target IKU Balai perlu ditinjau ulang dan dilakukan penyesuaian dalam hal metode agar dapat mencapai target. Prof. Subandi selaku ketua tim Tek Tekaril mengingatkan bahwa peneliti perlu berhati-hati dalam menyusun IKU Balai untuk masa mendatang. Kontrol terhadap kegiatan yang menjadi target IKU Balai terutama dalam hal metode perlu dilakukan dengan ketat agar IKU dapat tercapai. Pernyataan ini disetujui oleh Ka. Balai dan seluruh peneliti sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun IKU Balai di masa selanjutnya.

Buletin Palawija merupakan hal ketiga yang menjadi fokus dalam pembahasan rakor. Pengelolaan Buletin Palawija perlu ditinjau kembali agar dapat menarik bagi peneliti terutama peneliti Balitkabi. Barangkali perlu dilakukan pemberian insentif bagi peneliti yang menyumbangkan makalah bagi Buletin Palawija. “Peneliti Balitkabi perlu menjadi pelopor dalam mengisi Buletin Palawija agar buletin ini dapat rutin terbit sesuai waktu yang direncanakan”, ujar Kepala Balai. Dr. Didik Harnowo, selaku Kepala Balai juga menyarankan untuk meningkatkan website Balitkabi agar dapat ditampilkan dalam versi Inggris. “Hal ini sangat penting mengingat website Balitkabi merupakan media informasi Balai yang sering dikunjungi oleh publik”, demikian saran Kepala Balai sebagai penutup kegiatan rakor triwulan II Balitkabi tahun 2016.

RA/PHP