Berita » Rakor III, Upaya Mengawal Capaian Kinerja Balitkabi tahun 2017

Bertempat di Aula Balitkabi, tanggal 16 Oktober 2017 dilakukan rapat koordinasi (rakor) triwulan ke-III. Pelaksanaan rakor merupakan amanah yang telah diamanatkan dalam ISO Balai ungkap Dr. Rudi Iswanto (Ka. Yantek) sebagai moderator pada Rakor Balitkabi. Rakor III Balitkabi diikuti oleh Penjab RPTP/RDHP/RKTM, Koordinator Program, Koordinator Komoditas, Ketua Kelti, Pejabat Eselon IV, Penjab Kelembagaan Internal, seluruh Kepala Kebun Percobaan, seluruh peneliti dan calon peneliti. Rakor III selain membahas kemajuan kegiatan yang sudah dilaksanakan di Balitkabi, juga membahas strategi ke depan dalam pencapaian IKU Balitkabi dan isu-isu strategis lainnya.

rakorMengawali Rakor III, Kepala Balitkabi Dr. Joko Susilo Utomo, M.P. mengapresiasi kinerja pegawai yang telah melaksanakan tupoksi dengan baik. Prestasi Balitkabi yang pada triwulan ketiga telah mencapai serapan tertinggi di Litbang harus sejalan dengan penghargaan WTP oleh Kementan. Menyikapi program swasembada kedelai pada tahun 2020, Kabalai mengingatkan pesan Ka. Balitbangtan bahwa Balitbangtan bukan hanya sebagai pendukung swasembada tetapi juga sebagai pelaku swasembada kedelai. Kabalai berharap target yang belum tercapai dapat dikritisi bersama agar janji-janji kita dalam kontrak kerja dapat tercapai. Semoga hasil kerja kita diridhoi oleh Allah SWT dan dapat berjalan dengan baik harapan Beliau.

Selama rakor berlangsung dipresentasikan: (1) capaian serapan anggaran dan strategi percepatan serapan 2017 oleh Ir. Lawu Joko Santoso (PPK), dan (2) manajemen tata usaha disampaikan oleh Langgeng Sutrisno, S.P. (Ka. TU), pada Sesi pertama. Sedangkan pada sesi kedua dipresentasikan mengenai (1) evaluasi target IKU oleh Prof. Subandi, dan (2) GLIP dan KP4S adhoc mendukung tahun perbenihan 2018 oleh Dr. Andy Wijanarko.

rakor1

Sebagai penutup presentasinya Ka. Program menyampaikan bahwa: Tahun 2018 merupakan kesempatan Balitkabi untuk menunjukkan hasil penelitian selama ini melalui Diseminasi (GLIP dan Adhoc). Sehingga kegiatan tersebut harus dipersiapkan sebaik-baiknya dan melibatkan seluruh peneliti. Kegiatan Rakor Triwulan III ditutup oleh Ka. TU dengan menyampaikan bahwa hasil dari Rakor ini berupa informasi, saran, serta kritikan diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana perbaikan dan penyempurnaan kegiatan di Balitkabi ke arah yang lebih baik.

RTH/WR