Berita » Rakor Triwulan III sebagai Sarana Perbaikan Pelaksanaan Kegiatan

Rapat koordinasi merupakan agenda rutin yang harus dilaksanakan sesuai ISO Balitkabi. Rakor bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan dan memperbaiki kinerja agar target kegiatan 2016 dan rencana kegiatan 2017 Balitkabi dapat terlaksana sesuai tujuan.

Rakor Triwulan III membahas progres kegiatan penelitian dan capaian IKU 2016, serta rencana kegiatan 2017, dilaksanakan tanggal 7 November 2016 di Aula Balitkabi. Rapat koordinasi dihadiri oleh Penjab RPTP/RDHP/RKTM, Koordinator Program, Koordinator Komoditas, Ketua Kelti, Pejabat Eselon IV, Penjab Kelembagaan Internal, seluruh Kepala Kebun Percobaan, dan seluruh Peneliti.

Acara Rakor Triwulan III dibuka oleh Kepala Balitkabi, Dr. Didik Harnowo dan dilanjutkan penyampaian hasil tindak lanjut dari Rakor Triwulan II. Dalam pembukaannya, Kepala Balai menyampaikan harapan kegiatan 2016 dapat berjalan lancar baik kegiatan lapangan maupun administrasi sehingga semua target (serapan dan IKU Balai) dapat tercapai.

9-11-16

Selain itu Dr. Didik Harnowo juga menyampaikan meskipun ada penghematan anggaran sebesar 43% pada tahun 2017, namun Balitkabi masih harus bersyukur karena masih ada kegiatan.

Rapat koordinasi dibagi dalam tiga sesi presentasi, dan di akhir setiap sesi dilakukan diskusi. Sesi pertama dipimpin oleh Dr. A.A. Rahmianna, dan dipresentasikan empat kegiatan yaitu dari PPK, Koordinator Program, Ka. Sie Yantek, dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha.

Pada presentasinya, Ir. Lawu Joko Santoso (PPK) menyampaikan bahwa serapan Balitkabi hingga 7 Novembar 2016 masih sebesar 69,42%. Serapan ini masih rendah karena adanya tambahan dana dari SMARTD untuk pengadaan alat laboratorium yang baru akan terealisasi pada akhir tahun.

Diharapkan pada akhir Desember bisa mencapai 97,16%. Dr. Andy Widjanarko selaku koordinator program menyampaikan Sinkronisasi Kegiatan 2017 dan Hasil Monev 2016 yang diawali dengan penyampaian arahan Presiden, Menteri, dan Kepala Badan Litbang Pertanian.

Progres target IKU 2016 dan pagu definitif 2017 disampaikan oleh Dr. Yusmani Proyogo sebagai Ka. Sie. Yantek. Selanjutnya Wisnu Unjoyo, S.P. (Kepala Sub Bagian Tata Usaha) menyampaikan rencana program SDM 2017, progres ISO 2016, dan Progres SKP ASN Balitkabi 2016.

Pada sesi kedua dengan moderator Prof. Arief Harsono, dipresentasikan tiga kegiatan. Presentasi pertama adalah Progres kegiatan Jaslit dan SOP kerjasama yang disampaikan oleh Ir. Arif Musaddad (Ka. Sie. Jaslit), dan presentasi kedua adalah Capaian dan Kendala Tim TEKARIL dalam pengamanan target IKU 2016 disampaikan oleh Prof. Subandi sebagai Ketua Tim TEKARIL.

Sesi ketiga adalah presentasi dari Kebun Percobaan lingkup Balitkabi (KP Ngale, KP Kendalpayak, KP Jambegede, KP Muneng, dan KP Genteng). Masing-masing Kepala Kebun Percobaan mempresentasikan Capaian dan Masalah di setiap kebun percobaan.

Pada akhir sesi ke tiga Dr. Suharsono selaku moderator menyampaikan beberapa poin sebagai catatan hasil diskusi, yaitu: Fasilitas di kebun percobaan perlu diperhatikan, PNBP kebun percobaan, satuan biaya penelitian, dan masalah teknis perlu dibahas lebih detail, serta SKP merupakan acuan penentuan grade tunjangan kinerja.

Sebagai penutup Kepala Balai menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya atas kehadiran seluruh peserta Rakor, terutama peserta dari Kebun Percobaan.

Beliau berharap hasil Rakor akan berdampak pada perbaikan berkelanjutan serta berpesan kepada seluruh peserta agar tetap semangat menyelesaikan kegiatan 2016 dan menghadapi kegiatan tahun 2017, serta merencanakan kegiatan tahun 2018.

WR