Berita » Rapat Kerja II Badan Litbang Pertanian Tahun 2012

1-rakerba-1

Rapat Kerja II Badan Litbang Pertanian merupakan salah satu media untuk mereview pencapaian penting apa yang sudah Litbang lakukan selama ini, sekaligus untuk pemantapan perencanaan program litbang ke depan hingga 2014.  Sinkronisasi kegiatan litkaji antar UK dan UPT Badan Litbang Pertanian diperlukan agar lebih sinergis dan fokus dalam menghasilkan produk dan rekomendasi teknologi yang lebih berkualitas untuk menjawab tantangan dan permasalahan di lapangan yang semakin kompleks.  Beberapa isu strategis yang perlu dikaji intensif dalam kegiatan raker ini antara lain: kalender tanam, UPBS, Kebun Percobaan, Laboratorium, Pemodelan, KRPL, SDMC, dan MP3MI dalam kerangka peningkatan kinerja penelitian, pengkajian, pengembangan, penerapan, promosi, kehumasan, dan penyuluhan (Litkajibangrappromasluh) inovasi pertanian serta Permentan No 44 Tahun 2011 tentang pedoman Umum Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Rapat Kerja II Badan Litbang Pertanian Tahun 2012, dengan tema  Revisi Program dan Anggaran 2013: Efisiensi Anggaran dan Efektivitas Program. Tujuan  raker secara spesifik adalah: a) Melakukan review program dan anggaran tahun 2013, b) Melakukan refocusing kegiatan litkajibangrappromasluh 2013, c) Melakukan sinkronisasi kegiatan litkajibangrappromasluh lintas UK/UPT  2013, dan d) Melakukan evaluasi rencana investasi infrastruktur Badan Litbang Pertanian dalam rangka memasuki kurva kedua Badan Litbang Pertanian.

Raker dilaksanakan di Auditorium Utama Ir Sadikin Sumintawikarta Bogor, 28–30 Agustus 2012.  Peserta Rapat Kerja terdiri dari Kepala Badan Litbang,  Perwakilan FKPR, Sekretaris Badan, Kepala Puslitbang/Pusat/BB serta Kepala Balit/Lolit dan BPTP, Kepala Bidang dan Bagian UK/UPT Badan Litbang, Kasie Yantek/Jaslit/KSPP, Kordinator Program UPT dan para peneliti/penyuluh/perekayasa Senior. Jumlah secara keseluruhan mencapai sekitar 356 orang.  Perwakilan Balitkabi terdiri Ka Balai Dr. M. Muchlish Adie, Kasie Yantek Dr. Yusmani Prayogo, dan Ka Program Balitkabi Prof. Dr. Marwoto.

Raker diawali dengan pembingkaian raker oleh Kepala Badan. Kepala Badan berpesan agar hasil raker II Litbang Pertanian benar-benar dilaksanakan secara baik. Selain tujuan Raker II tersebut di atas, topik khusus yang dipesankan dan perlu dicermati adalah: a) diversifikasi pangan  b) swasembada kedelai, dan c) swasembada daging.  Balitkabi secara aktif merespons substansi yang dibahas, dengan refocusing anggaran, pembangunan UPBS, Laboratorium, sarana, dan prasarana penelitian.