Berita » Re-akreditasi Laboratorium Pengujian Balitkabi

puru

Tim Laboratorium Pengujian Balitkabi dan Asesor KAN

Keberadaan laboratorium sangat penting dan strategis dalam meningkatkan dan menunjang kegiatan penelitian. Pada tanggal 21-22 Februari 2019, tiga Laboratorium Pengujian Balitkabi (LP-518-IDN), yakni Lab. Tanah dan Tanaman, Lab Kimia Pangan, dan Lab Uji Mutu Benih dilakukan proses re-akreditasi oleh KAN menggunakan acuan SNI ISO/IEC 17025:2017. Selama dua hari, ketiga laboratorium tersebut dinilai/assessment oleh Dr. Ir. Asep Nugraha Ardiwinata (Balingtan), Dr. Ir. Aziz Purwantoro, M.Sc (UGM), dan Winarti Kartika Putri, M.Sc (KAN-BSN).

Dalam acara pembukaan, Dr. Ir. Asep Nugraha Ardiwinata selaku lead auditor KAN menuturkan baru beberapa laboratorium di Badan Litbang Kementan yang telah menyesuaikan dokumen dengan acuan SNI ISO/IEC 17025:2017. “Saya sangat mengapresiasi langkah Balitkabi untuk segera hijrah ke SNI ISO/IEC 17025:2017. Balitkabi merupakan Balai pertama di Balitbangtan yang telah mengajukan penilaian menggunakan standar acuan terbaru,” ungkap Asep.

reak

Suasana Kunjungan ke salahsatu Lab.

Sejak diterbitkan standar acuan ISO/IEC 17025:2017 pada tahun 2017, praktis telah menggantikan versi sebelumnya, yakni ISO/IEC 17025:2005. Tidak mudah untuk dapat menyesuaikan dokumen dengan acuan yang terbaru, terlebih pada tahun ini Lab. Tanah dan Tanaman juga melakukan perluasan ruang lingkup pengujian. Diperlukan kerja sama tim yang solid dan komitmen tinggi dari semua elemen yang terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini dikarenakan versi ISO/IEC 17025:2017 selain tetap fokus pada aspek pengujian termasuk validasi, verifikasi, evaluasi metode dan ketelusuran metrologi, juga telah mengadopsi standar ISO 9001:2015 yang lebih menekankan aspek manajemen mutu, seperti: tindakan berbasis peluang dan risiko, pengendalian rekaman, aspek legalitas, dan lain sebagainya. Lebih lanjut Asep menjelaskan bahwa legalitas laboratorium juga menjadi perhatian dalam acuan ISO/IEC 17025:2017. Oleh karena itu, legalitas laboratorium dalam SK Balai yang berfungsi sebagai payung hukum menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

reak1

penutupan assessment reakreditasi Laboratorium Pengujian Balitkabi

Pada penutupan re-assessment, dilaporkan bahwa Laboratorium Pengujian Balitkabi telah menerapkan dengan baik ISO/IEC 17025:2017, namun dalam implementasinya masih terdapat ketidaksesuaian yang terdiri dari temuan minor dan observasi. Plh. Kepala Balitkabi B.S Koentjoro S.P, M.Kom, dalam sambutannya mengapresiasi kinerja Laboratorium Pengujian Balitkabi yang terus berupaya memberikan jaminan mutu pada pelanggan. Beliau berharap, agar temuan ketidaksesuaian dapat segera ditindaklanjuti.

RTH