Berita » Realisasi Proyek SMART-D Balitbangtan 2015

smartd

Sekretaris Balitbangtan Dr. Agung Hendardi M. Eng memimpin rapat koordinasi pengadaan alat dari Proyek SMART-D tahun 2015. Rapat dihadiri oleh Kapuslitbangtan, Kapuslitbangbun, Kapuslitbanghorti, BB-BPTP beserta para Kepala Balai masing-masing UPT, untuk membahas kesiapan masing-masing UPT Balitbangtan yang telah mengajukan peralatan laboratorium dan gedung dari Proyek SMART-D untuk tahun 2015.

Mengingat Proyek SMART-D bersumber dari dana pinjaman World Bank, Sekretaris Balitbangtan memberikan arahan sebagai berikut:

  1. Pengadaan alat laboratorium perlu mendapat perhatian agar peralatan yang diajukan disesuaikan dengan kebutuhan UPT untuk mendukung penelitian dan pengkajian. Oleh karena itu sarana pendukung seperti gedung laboratorium, kebutuhan SDM, pelatihan tambahan dan lain-lain, perlu disiapkan secara matang.
  2. Kualitas gedung harus prima/tinggi dan model gedung yang diusulkan futuristik sesuai dengan tata ruang sehingga bertahan sekurang-kurangnya sampai 20 tahun.
  3. Gedung-gedung yang dibangun mencirikan ikon dan identitas Balitbangtan termasuk warna cat dsb.
  4. Setiap pembangunan harus memperhatikan SBU yang berlaku di daerah setempat sesuai dengan spesifikasi bangunan.
  5. Memilih para rekanan dan penyedia barang yang mempunyai reputasi sangat profesional.
  6. Para kepala UPT beserta KTU-nya bertanggung jawab penuh mulai dari proses perencanaan, pengadaan, monotoring kualitas barang, dan bangunan.

Semoga dengan semakin lengkapnya sarana dan prasarana pendukung penelitian, penelitian di Balitkabi semakin berkembang dan dapat memberikan manfaat yang besar.

Dr. Suharsono