Berita ยป Rintisan Perbenihan Kacang Tanah di Desa Wadung, Pakisaji

Agroekologi dengan ketersediaan air yang terbatas potensial untuk pengembangan komoditas palawija. Adalah desa Wadung yang terletak di kecamatan Pakisaji, yang juga tetangga dekat kantor Balitkabi dengan tipe agroekologi yang kemungkinan cocok untuk budi daya palawija. Desa yang menjadi wilayah kerja BPP Pakisaji ini kurang optimal untuk budi daya padi karena keterbatasan air.

Di bulan Juli lalu telah terjadi diskusi pengembangan aneka kacang dan umbi antara Balitkabi dengan BPP Pakisaji, salah satunya pengembangan palawija di Desa Wadung. Tindak lanjut pembicaraan dilakukan di bulan Oktober 2020 dipimpin oleh Kasie Jasa Penelitian Balitkabi B.S. Koentjoro, M.Kom didampingi tim UPBS Balitkabi Didik Sucahyono, S.P., M.Si (Manajer Produksi), Agus Supeno, S.P. (Manajer Gudang, Siti Muzaiyanah, S.TP., M.P,. Amri Amanah, S.P., M..Sc (staf Kehumasan) dan Regina Mayo, S.E., M.E (Kesekretariatan). Rombongan Balitkabi diterima oleh Bapak Suhardi (Kepala Desa Wadung), Kepala BPP Pakisaji, Sutrimo Adi Wibowo, S.P, Edy Purwanto (mantri tani), Nurul Farida (PPL Desa Wadung), Wasis (Gapoktan Makmur), Robiul Huda (Poktan Makmur II), dan Juwari (Poktan Makmur III).

Pada koordinasi ini direncanakan kegiatan pengembangan perbenihan oleh UPBS Balitkabi di Desa Wadung. Mengingat kegiatan penanaman aneka kacang dan umbi belum pernah dilakukan, maka akan dilakukan uji coba pengembangan kacang tanah terlebih dahulu di Dusun Kasikon dan Dusun Puthukrejo seluas 6 ha. Varietas yang akan digunakan antara lain : Kancil, Kelinci, Takar, dan Hypoma. Balitkabi akan memberikan bantuan benih kacang tanah untuk keperluan tanam seluas 6 ha.

Tinjauan lapang juga telah dilakukan dengan mengunjungi calon lokasi yang akan ditanami kacang tanah. Ke depan akan dilakukan sosialisasi dengan petani kooperator termasuk pendampingan dan pengawalan oleh tim UPBS Balitkabi mulai sebelum tanam, saat tanam, perawatan termasuk kegiatan roguing, sosialisasi menjelang panen, serta pendampingan saat panen dan pasca panen. Ke depan apabila pengembangan perbenihan kacang tanah sesuai harapan, akan diperluas ke komoditas lain seperti kedelai dan kacang hijau. Petani juga berharap diberikan pelatihan olahan aneka kacang dan umbi, agar dapat meningkatkan daya saing produk akabi.

wadung wadung2
Koordinasi perbenihan UPBS Balitkabi dengan BPP Pakisaji dan Kepala Desa Wadung
wadung3 wadung4
Tinjauan lapang lokasi pengembangan perbenihan UPBS di dusun Kasikon dan Puthukrejo, desa Wadung, Kec.Pakisaji, Kab.Malang

AA