Berita » Road Kapuslitbangtan to KP lingkup Balitkabi

1

Terik di tengah hari, disertai angin kencang, menandai awal kunjungan Dr. Hasil Sembiring M.Sc., Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan di Kebun Percobaan (KP) Muneng, salah satu dari lima KP lingkup Balitkabi. Didampingi oleh Kepala Balitkabi dan KTU serta seluruh teknisi KP, begitu turun dari mobil, Pak Hasil langsung menuju ke lapang. Sambil mengitari dan mengamati satu petak penelitian ke petak yang lain, berbagai arahan dan kritik membangun disampaikan oleh Pak Kapus. Aroma penelitian harus tercium kuat di seluruh KP milik Balai Penelitian; sekaligus tanaman yang ada di KP harus menjadi rujukan dan percontohan petani. “Tidak ada pilihan dan tawar-menawar, pengelolaan KP harus optimal dan bersih” tutur Kapus saat memberi pengarahan di lapang.

 

 

Diskusi dengan Teknisi KP Muneng

”CPNS juga harus bekerja keras” Usai kunjungan lapang, Pak Hasil menelusuri satu per satu fasilitas KP, gudang, kantor, lingkungan kantor, guest house, dan yang tidak kalah pentingnya adalah kamar mandi. Kebersihan memang menjadi perhatian khusus Pak Hasil. Kunjungan di KP Muneng ditutup dengan diskusi dengan seluruh staf KP, dan sekali lagi Pak Hasil meminta semuanya bekerja keras, jangan sampai ada lahan dan halaman yang tidak tertanami, jaga dan tingkatkan kebersamaan. Setelah magrib Pak Hasil meninggalkan KP Muneng menuju Malang. Kunker Kapus hari kedua diawali jam 05.30 wib di KP Jambegede. Setiba di Jambegede, Pak Kapus langsung mengecek timbangan, masih valid atau tidak, termasuk posisi timbangan. Bahkan Pak Hasil melakukan ujicoba timbangan yang ada.  Menurut Pak Hasil, timbangan modal terpenting penelitian, makanya harus dijaga keakuratan dan kebersihannya. Lagi-lagi, Pak Hasil langsung mengecek kamar mandi, gudang dan fasilitas lainnya.  Diberi tekanan khusus, kamar mandi harus bersih dan ”…. buang barang-barang yang tidak dipakai. Sampah plasik tidak boleh ada dilingkungan KP”, tegas beliau. Observasi lapang dilakukan pada seluruh sisi KP. Kesan Pak Kapus tanaman baik, terlihat segar dan subur. Seperti di Muneng, di Jambegede, Pak Hasil juga mereview hasil kunker dengan beberapa staf inti, bahkan dilakukan sambil menikmati kelapa muda, singkong, dan talas rebus.

Timbangan harus valid dan bersih! Dr Hasil sedang mengecek akurasi timbangan di KP Jambegede

Mengamati keragaan penelitian di KP Jambegede

Mereview kunjungan di Jambegede bersama staf KP Jambegede. Begitu menginjakkan kaki di KP Kendalpayak, Pak Hasil langsung membuka kamar mandi. Memang ciri Pak Hasil adalah begitu perhatian terhadap kebersihan. Menelusuri gudang, ruang kerja, ruang penyimpanan, dan kesannya, cukup bersih dan manfaatkan secara optimal fasilitas yang ada.  Di lapang, Pak Hasil disuguhi peragaan visitor plot tanaman aneka kacang dan umbi. ”Bagus dan beritakan pada petani dan stakeholders yang lain, kalau di Balitkabi ada visitor plot”, ungkapan Pak Kapus, mengakhiri kunker di KP lingkup Balitkabi.

”Visitor plot KP Kendalpayak, bagus!”, tutur Pak Hasil saat mengamatinya di KP Kendalpayak

Terima kasih Pak Hasil.