Berita » Saling Berbagi: Petani – Regulator – Ilmuwan

11th Pan-Asia Farmers Exchange Program 2017 dilaksanakan di Manila 20–25 Maret 2017, dilaksanakan bersama antara CropLife Asia dan CropLife Philippines. Dihadiri oleh petani, regulator, dan ilmuwan dari 12 negara yaitu Philipina, Cina, India, Korea Selatan, Vietnam, Jepang, Taiwan, Australia, Banglades, Thailand, Pakistan, dan Indonesia. Muchlish Adie diundang oleh Biotech and  Seed dari CropLife Indonesia, sebagai salah satu delegasi Indonesia yang terdiri dari petani, ilmuwan, dan regulator.

Acara pembukaan 11th Pan-Asia Farmers Exchange Program

Acara pembukaan 11th Pan-Asia Farmers Exchange Program

Pan-Asia Farmers Exchange Program (FX Program), Share – Exchange – Promote, dilaksanakan setiap tahun sebagai media untuk saling berbagi dan bertukar pengetahuan khususnya di bidang bioteknologi tanaman. Menurut W.C. Rolan (Executive Director dari Fertilizer and Pesticide Authority) pada saat pembukaan bahwa kunci peningkatan produktivitas dan pendapatan petani ada di kemajuan ilmu pengetahuan.

Didiskusikan berbagai topik terkini tentang Overview of modern biotechnology, Introduction to Philippine biosafety regulatory framework for agricultural biotech crops, Philippine experience in communicating biotechnology and biosafety, Cross-cutting issues on biotech crop adoption in the Asia Pacific region, dan lainnya.

Delegasi Indonesia yang hadir

Delegasi Indonesia yang hadir

Setiap negera peserta menyampaikan berbagai pengalaman selama ini. Indonesia diwakili oleh H. Fadeli SH, MM (Bupati Lamongan) dan H. Sholahuddin (Ketua Asosiasi Petani Jagung Indonesia) yang akan memposisikan Lamongan sebagai sentra pengembangan jagung modern di Indonesia.

Kunjungan lapang

Kunjungan lapang

Pada FX Program dilakukan kunjungan ke IRRI tentang Genetic transformation laboratory, International rice gene bank, dan Golden rice screen house. Juga dilakukan kunjungan ke petani di Tarlac, yang sukses mengembangkan jagung setelah magang di USA, Thailand, dan Peru. Banyak pengalaman menarik yang disampaikan oleh masing-masing delegasi, dan akan menjadi modal pengembangan di masa yang akan datang. If you eat today, thank a farmer.

MMA