Berita » Sang Pencetus PHSL Padi Purna Tugas

Sosok Prof. (R.) Dr. Suyamto Hardjosuwirjo, M.S.

Sosok Prof. (R.) Dr. Suyamto Hardjosuwirjo, M.S.

Prof. (R.) Dr. Suyamto Hardjosuwirjo, M.S. adalah peneliti yang komitmennya sangat tinggi terhadap tugas yang diembannya. Betapa tidak, ayah dari dua orang putri dan satu orang putra ini hingga menjelang purna tugasnya masih aktif menulis, bahkan masih aktif berkontribusi memberikan ide/gagasannya untuk kemajuan penelitian dan institusi kelitbangan di lingkup Badan Litbang Kementerian Pertanian. Bidang penelitian yang ditekuni selama menjadi peneliti di BPTP Jawa Timur adalah mengenai Pemupukan Hara Spesifik Lokasi (PHSL) padi, sesuai bidang keahlian beliau yakni Ilmu Kesuburan Tanah, yang ditekuninya sejak S1 hingga S3 (Program Doktor) di UGM Yogyakarta.

Sang Profesor, kemarin tanggal 26 Nopember 2018 menyampaikan pidato orasi purna tugas di BPTP Jawa Timur, sekaligus pamit karena dalam waktu dekat sudah memasuki masa purna tugas, yakni terhitung 1 Desember 2018. Sebagian besar Profesor Riset di UPT Litbang di Jawa Timur, baik yang sudah purna maupun yang masih aktif hadir pada acara tersebut, bahkan hadir juga Profesor Riset dari Puslitbang Tanaman Pangan, yakni Prof. Dr. I Nyoman Widhiarta dan Prof. Dr. Hasil Sembiring. Beliau telah mengabdi sebagai pegawai negeri sipil (sebagai ASN) di Badan Litbang Kementan selama 39 tahun dan 9 bulan (1 Maret 1979 – 30 Nopember 2018). Karir beliau sebagai peneliti diawali di Balittan Sukarami, Sumatera Barat, kemudian di Balitkabi Malang (pernah menjadi Kepala Balitkabi tahun 1995‒1998). Karir beliau selanjutnya menjadi Kepala BPTP Jawa Timur (tahun 1998‒2003) kemudian sebagai Kepala Puslitbang Hortikultura (tahun 2004–2005), dan terakhir sebagai Kepala Puslitbang Tanaman Pangan (tahun 2006‒2010).

Selama perjalanan hidupnya sebagai peneliti maupun sebagai birokrat, telah banyak pengalaman dan liku-liku yang beliau alami. Atas dasar itulah beliau dikenal dan memiliki jejaring yang luas, baik di dalam maupun di luar negeri. Kontribusi karyanya yang ditekuni cukup lama akhirnya dilaunching Menteri Pertanian pada 20 Januari 2011 oleh Menteri Pertanian RI Suswono yakni Rekomendasi Pemupukan Padi Sawah melalui internet (PHSL Padi Sawah) dan bahkan kini sudah diupload di Layanan Konsultasi Padi : http://webapps.irri.org. Dasar-dasar ilmiah pemupukan padi sawah, hasil-hasil kajian pemupukan spesifik lokasi, rekomendasi, dan implikasinya dijelaskan secara gamblang dan lugas saat orasi purna tugas beliau di BPTP Jatim.

Tidak terlalu berlebihan, apabila pesan-pesan dan petuah beliau kita renungkan dan aplikasikan untuk mempertebal dan menguatkan semangat kita sebagai peneliti di Badan Litbang guna menghasilkan karya-karya terbaik, baik yang bersifat scientific recoqnition maupun yang bersifat impact recoqnition. “Kita harus bangga menjadi peneliti bidang pertanian di Badan Litbang Pertanian karena hasil-hasil karya kita akan sangat bermanfaat bagi kemajuan pertanian Indonesia, yang ujung-ujungnya adalah untuk mensejahterakan jutaan petani Indonesia,” kata Suyamto.

Mengakhiri masa tugas sebagai ASN di Balitbangtan, beliau menyampaikan terima kasih kepada: (1) Pemerintah Indonesia, c.q. Kementerian Pertanian yang telah memberi kesempatan untuk mengabdi selama 39 tahun dan 9 bulan, (2) Pimpinan Balitbangtan dan para senior/mentor yang telah membina hingga purna tugas, (3) Seluruh teman/kolega sejawat yang telah bekerja sama dalam pelaksanaan tugas selama ini, termasuk kepada keluarga yang setia mendampingi dan mensupport hingga purna tugas. Permohonan maaf juga disampaikan kepada semua pihak selama beliau di Pusdatik Balitbangtan, Balittan Sukarami, Balittan/Balitkabi Malang, BPTP Jawa Timur di Karangploso, Puslitbang Hortikultura, Puslitbang Tanaman Pangan, dan Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian.

Beberapa kata bijak/pesan lainnya yang disamapaikan saat orasi purna tugas beliau adalah: (1) Jangan biarkan diri anda tidak punya tantangan dan target, (2) Tantangan bisa dari luar (atasan, pimpinan, teman). Kalau tidak ada tantangan dari luar, buatlah tantangan dan target dari diri sendiri, (3) Tantangan harus dihadapi, jangan dihindari apalagi stress, namun harus disertai dengan target yang jelas, (4) Dengan tantangan, adrenalin, pikiran, ide, dan kreativitas akan keluar. Segera catat dan/atau laksanakan sebelum lupa, dan (5) Manajemen waktu yang baik untuk menghadapi tantangan dan mencapai target.

Selamat menjalani purna tugas Prof. Dr. Suyamto Hardjosuwirjo, MS. Semoga tetap sehat dan tambah berbahagia bersama keluarga. Sumbang saran pemikiran dari Pak Profesor tetap kami harapkan untuk kemajuan IPTEK dan penelitian pertanian di Indonesia.

Orasi Purna Tugas Prof. Dr. Suyamto Hardjosuwirjo, M.S.

Orasi Purna Tugas Prof. Dr. Suyamto Hardjosuwirjo, M.S.

DH