Berita » Satukan Visi dan Misi, Puslitbang Tanaman Pangan Adakan Rapat Kerja 2018

Mengusung tema “Massalisasi VUB dan Konsolidasi Kegiatan Litbang Tanaman Pangan Mendukung Tahun Benih 2018”, Puslitbang Tanaman Pangan mengadakan rapat kerja pada tanggal 18−20 Februari 2018. Bertempat di Batu – Jawa Timur, rapat kerja tahun ini dihadiri oleh 150 peserta yang terdiri dari pejabat struktural, peneliti, dan staf UK/UPT Lingkup Puslitbang Tanaman Pangan. Ikut hadir Kepala Puslitbang Tanaman Pangan pada beberapa era serta Kepala Perwakilan IRRI Indonesia.

_dsc1796

Mengawali Raker dengan Tasyakuran

Acara raker diawali dengan makan malam bersama dan dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Kepala Balitbangtan oleh Kepala Puslitbang Tanaman Pangan. Dalam sesi pembingkaian, Dr. Andriko Noto Susanto, selaku Kepala Puslitbang Tanaman Pangan, menyampaikan bahwa diharapkan arah penelitian dan pengembangan tanaman pangan lebih fokus menghasilkan inovasi teknologi tanaman pangan guna meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan.

Untuk itu, Puslitbang Tanaman Pangan dan UPT-nya harus terus bekerja keras, tuntas dan ikhlas dalam menghasilkan inovasi teknologi tanaman pangan dan melakukan massalisasi sehingga swasembada pangan nasional dapat dicapai secara berkelanjutan.

_dsc2501

Sesi Foto Bersama setelah penutupan

Rapat Kerja yang dilaksanakan selama tiga hari ini membahas enam pokok bahasan, yaitu:

  1. Strategi membangun perbenihan PAJALE serta komoditas pangan lainnya guna mendukung tahun perbenihan 2018,
  2. Refokusing kegiatan Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan tahun 2018 melalui evaluasi kegiatan tahun 2015 – 2017 dan sinkronisasi kegiatan 2018 dalam percepatan pencapaian Program Balitbangtan dan sasaran strategis Kementerian Pertanian,
  3. Rencana operasional kegiatan 2018 dan rencana penuntasan kinerja 2015 – 2019 sebagai landasan kebijakan Litbang Tanaman Pangan 2020 – 2024,
  4. Rencana percepatan hilirisasi dalam upaya penderasan inovasi teknologi Litbang Tanaman Pangan melalui diseminasi,
  5. Rencana pengelolaan manajemen dan pengembangan sumber daya Litbang Tanaman Pangan, dan
  6. Tindak lanjut hasil Raker Balitbangtan 2018 dan Raker Puslitbangtan 2017.

ApS