Berita » Semarak Perayaan HUT RI Ke-72 di Balitkabi

Tanggal 17 Agustus merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, tanggal tersebut diperingati sebagai hari kemerdekaan NKRI oleh seluruh rakyat Indonesia. Kementerian Pertanian pada tahun ini, secara khusus membuat slogan “72 tahun Indonesia, Kerja Bersama, Bersama Kerja Sukseskan Swasembada Pangan” untuk menambah semangat kerja seluruh jajaran pegawai lingkup Kementan dalam mengembalikan kejayaan Indonesia di bidang pertanian.

17anSemangat kerja bersama dapat dipupuk dengan membangun kerja sama dalam tim yang solid. Oleh karena itu, pada tanggal 12−16 Agustus 2017 di Balitkabi diadakan serangkaian kegiatan perlombaan.

Diantaranya perlombaan tenis lapang, tenis meja, bola volley plastik, gepuk bantal, isi pipa bocor, lomba karaoke, dan dakon (congklak). Peserta lomba berasal dari masing-masing kelti dan bagian di Balitkabi, KP Kendalpayak dan mahasiswa. Selain tenis dan volley, lomba dakon merupakan lomba yang selalu ada setiap tahun di Balitkabi. Dakon merupakan permainan tradisional Indonesia.

Menariknya,di Balitkabi lomba dakon dipertandingkan menggunakan biji koro pedang (Canavalia ensiformis). Untuk mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan, juga diadakan kegiatan jalan sehat. Jalan sehat diikuti oleh sekitar 650 orang. Peserta jalan sehat terdiri dari keluarga besar Balikabi, KP Kendalpayak, KP Jambegede, dan mahasiswa PKL dari berbagai perguruan tinggi.

17an1

Di akhir rangkaian kegiatan perayaan HUT RI diadakan upacara bendera dan tasyakuran kemerdekaan. Pada amanatnya Kepala Balitkabi Dr. Joko Susilo Utomo selaku pembina upacara berpesan kepada ASN Balitkabi sebagai abdi masyarakat agar lebih merenungkan apa yang sudah diberikan negara kepada kita dan apa yang sudah kita berikan kepada negara.

Untuk itu sebagai bagian dari Badan Litbang Pertanian yang mempunyai tagline “Science, Innovation, Network” kita harus dapat menciptakan inovasi yang dapat diaplikasikan petani demi mensukseskan swasembada pangan.

Science yang dimiliki para peneliti Badan Litbang Pertanian akan menghasilkan Invensi, namun perlu langkah lebih lanjut untuk melahirkan inovasi dengan didukung oleh network yang kuat antar ASN Badan Litbang Pertanian.

Sebagai penutup seluruh rangkaian kegiatan perayaan HUT RI diadakan tasyakuran sekaligus acara pisah sambut pejabat eselon IV Balitkabi, Kasubbag TU dari Wisnu Unjoyo, S.P. kepada Langgeng Sutrisno, S.P. dan Kasi Yantek dari Dr. Yusmani Prayogo kepada Dr. Rudi Iswanto.

17an2

RTH/WR