Berita » Seminar Evaluasi Hasil Penelitian Balitkabi TA 2020

Peserta Seminar evaluasi Hasil Penelitian TA. 2020, Balitkabi 7 September 2020

Peserta Seminar evaluasi Hasil Penelitian TA. 2020, Balitkabi 7 September 2020

Senin, 7 September 2020 Balitkabi menggelar Seminar Evaluasi Hasil Penelitian dan Diseminasi Tahun Anggaran 2020. Acara yang diselenggarakan di Aula Balitkabi dihadiri oleh Plt. Kepala Balai, Plh. Kepala Balai, Ka. Sie Yantek, Koordinator Program, Profesor Riset, Ketua Kelti, Penanggung Jawab Kegiatan dan Tim Yantek.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Seminar Evaluasi Hasil Penelitian dilaksanakan lebih cepat bukan di akhir tahun, hal ini karena per Mei 2020 anggaran penelitian mengalami refokusing untuk penanganan Covid-19. Kegiatan penelitian dihentikan pada realisasi fisik sekitar 30%, sehingga diputuskan untuk segera menggelar Seminar Hasil Penelitian agar segera diketahui hasil yang diperoleh, sekaligus kesepakatan pelaporan dari kegiatan yang terhenti maupun yang tidak terlaksana.

Acara dibuka oleh dibuka oleh Dr. Titik Sundari selaku Plt. Kepala Balitkabi, dan pembingkaian oleh Dr. Yuliantoro Baliadi sebagai Plh. Kepala Balitkabi. Disampaikan jika Seminar Evaluasi Hasil merupakan bentuk pertanggungjawaban dan bahan monitoring bagi tim monev terkait perencanaan dan realisasi. Disinggung pula isu-isu saat Rapim B pada bulan September seperti : target serapan, usulan Agro EduWisata dari UPT, Food estate di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara (padi dan komoditas Akabi), bisnis plan komoditas Pajale dan Porang serta realokasi anggaran untuk program food estate.

Refokusing anggaran menyebabkan penyesuaian target IKU yang harus dipenuhi Balitkabi, yaitu: (1) 2 VUB (kedelai dan kacang tanah); (2) Benih Sumber (kedelai 15 ton, kacang tanah 1 ton, dan kacang hijau 0,5 ton); dan (3) 30 Karya Tulis Ilmiah. Berdasarkan penyampaian hasil oleh penanggung jawab kegiatan (RPTP, RDHP dan produksi benih sumber) dapat dipastikan bahwa semua IKU yang menjadi target dapat terpenuhi.

Perumusan Seminar Evaluasi Hasil Penelitian disampaikan oleh Koordinator Program Eriyanto Yusnawan, Ph.D. Pergerakan sumber pendanaan penelitian (APBN) di tahun 2020 sangat dinamis, terjadi penyesuaian anggaran kegiatan penelitian/diseminasi juga penyesuaian output (IKU), ke depan perlu strategi prioritasi penyelamatan IKU dengan alokasi anggarannya. Monitoring kegiatan penelitian perlu dilakukan secara berkala menyesuaikan situasi dan kondisi pertanaman/kegiatan dan anggaran, untuk memastikan perencanaan kegiatan sesuai dengan pelaksanaan dan hasil yang ditargetkan, serta IKU KTI perlu dipantau hingga akhir tahun 2020. Aplikasi berbasis android Si-Prokabi perlu disempurnakan dan diperluas cakupannya termasuk produk olahan pangan. Situasi penganggaran tahun 2020 dan 2021 perlu disikapi dengan bijak, sumber dana dari non APBN perlu dioptimalkan seperti skema kerja sama PRN (prioritas riset nasional) Ristek-BRIN dengan LPDP.

evaluasi1 evaluasi2
evaluasi3 evaluasi4
Suasana Seminar Evaluasi Hasil Penelitian TA. 2020, Balitkabi 7 September 2020

Suasana Seminar Evaluasi Hasil Penelitian TA. 2020, Balitkabi 7 September 2020

WR