Berita » Senyum Pak Manan, Senyum Devon 1

Pak Manan, penanam Devon 1.

Pak Manan, penanam Devon 1.

Memang benar, pada beberapa sentra produksi, komoditas kedelai tetap dibudidayakan oleh petani, dengan berbagai pertimbangan yang logis. Sebut saja, misalnya Nganjuk, Mojokerto, Jember, Banyuwangi, tetap membudidayakan kedelai. Di beberapa provinsi lainnya, terjadi hal yang serupa dengan yang terjadi di Jawa Timur.

Pada musim tanam Juli/Agustus 2018, Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) Balitkabi bermitra dengan petani untuk memproduksi benih sumber kedelai. Beberapa manfaat dari kegiatan tersebut, selain tujuan utamanya adalah menghasilkan benih berkualitas, adalah mendiseminasikan varietas kedelai terbaru, pembelajaran kepada anggota kelompok tani tentang berbudidaya kedelai untuk tujuan benih dan sebagainya. Keragaan beberapa varietas kedelai cukup bagus, termasuk salah satunya adalah Varietas Devon 1. Varietas Devon 1 dilepas pada tahun 2015, dengan keunggulan utamanya adalah memiliki kandungan isoflavon tinggi, ukuran bijinya tergolong besar dan umurnya sekitar 83 hari.

Dengan luas tanah 1 bagian (1/7 ha), Pak Manan yang menjadi salah satu petani kooperator, mampu memperoleh hasil kedelai Devon 1 sebanyak 479 kg kering panen, atau disetarakan dengan 2,80 t/ha. Pada tahun sebelumnya Pak Manan menggunakan varietas kedelai asalan, sumber benih diperoleh dari pasar setempat, hasil yang diperoleh kalau lagi mujur sekitar 300 kg (2,0 t/ha). Ini kedelainya bagus tapi gampang mletek (pecah polong), penilaian Pak Manan. Lebih lanjut Pak Manan, menyarankan, panennya jangan menunggu daunnya telah rontok, sudah sangat kering, panenlah saat polong mulai berwarna coklat. Keragaan pertanaman Devon 1, dari petani kooperator lainnya, memperlihatkan pertumbuhan yang sama optimalnya dengan pertanaman kedelai milik Pak Manan. Harapan, Devon 1 menjadi varietas alternatif untuk dikembangkan di berbagai sentra produksi kedelai di Indonesia.

Pak Manan pantas tersenyum, hasil kedelainya tinggi, nilai pendapatannya juga meningkat.

Pertanaman Devon 1 milik Pak Manan.

Pertanaman Devon 1 milik Pak Manan.

MMA