Berita » SHS Berminat Kembangkan Kacang Hijau

Direktur Utama (Dirut) Sang Hyang Seri (SHS) Persero, Syaiful Bahri, didampingi oleh dua Staf SHS di Malang, tanggal 14 September 2017, berkunjung ke Balitkabi, diterima oleh Kepala Balitkabi, Dr. Joko Susilo Utoma, bersama Dr. Rudi Iswanto dan Dr. Muchlish Adie.

shs

Komoditas kacang hijau menarik bagi SHS, karena banyaknya lahan sawah bera setelah ditanami padi dua kali, khususnya di kawasan pantura, serta meningkatnya intensitas serangan hama wereng. Harapannya pemanfataan kacang hijau selain akan memberikan tambahan pendapatan juga diharapkan menjadi pemutus siklus hama utama pada padi. Kepala Balitkabi, menyambut baik rencana dari SHS untuk mengembangkan kacang hijau, karena akan mempercepat hilirisasi produk riset yang dihasilkan oleh Balitbangtan. Paparan oleh pemulia kacang hijau (Dr. Rudi Iswanto) bahwa Balitkabi telah menghasilkan beberapa varietas kacang hijau dengan berbagai keunggulan, khususnya keunggulan masak serempak.

shs1

Dirut SHS juga melakukan kunjungan lapang dan ke UPBS. Disepakati, bahwa pada tahap awal akan dikembangkan kacang hijau di lahan SHS di Sukamandi sekitar 50 ha. Kepala Balitkabi, menyampaikan, siap untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pada saat pengembangan tersebut, dan sumber benih berasal dari UPBS Balitkabi. Diharapkan juga ada MoU antara SHS Persero dengan Balitkabi.

MMA