Berita » Sinergi Balitbangtan-Pemprov. Jawa Timur- Pelaku Industri-Petani Ubi Jalar

Temu lapang peningkatan produksi dan produktivitas tanaman ubi jalar di kec. Pasrujambe, kab. Lumajang

Temu lapang peningkatan produksi dan produktivitas tanaman ubi jalar di kec. Pasrujambe, kab. Lumajang

Balitbangtan terus melakukan inovasi teknologi ke arah double track system dalam upaya memenuhi permintaan pasar termasuk komoditas ubi jalar. Tujuannya jelas agar varietas unggul yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan pangan sekaligus memenuhi kebutuhan industri. Model pendekatan yang digagas oleh Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA yang sekarang menjabat Sekretaris Balitbangtan sebagai terobosan untuk peningkatan kesejahteraan petani melalui hilirisasi teknologi dan inovasi yang berujung pada industri.

Balitbangtan juga melakukan pendampingan dan pembinaan petani ubi jalar melalui pengenalan varietas unggul ubi jalar dan teknologi pendukungnya seperti acara temu lapang dengan petani. Salah satunya seperti acara Temu Lapang yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Timur dalam rangka peningkatan produksi dan produktivitas tanaman aneka kacang dan umbi (Akabi ) di Jawa Timur pada bulan November lalu.

Temu lapang dilaksanakan di Kelompok Tani Jaya Makmur, Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang yang diikuti sekitar 100 orang. Hadir pada temu lapang tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Timur (Dr. Ir. Hadi Sulistyo, M.Si.), Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang, Bapak Camat Pasrujambe dan jajarannya, Perwakilan PT. Indowooyang dan Peneliti Balitkabi.

Peningkatan nilai tambah komoditas ubi jalar, sangat penting untuk diwujudkan demikian disampaikan Dr. Ir. Hadi Sulistyo, M.Si selaku Kepala Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur. Penjualan produk olahan ubi jalar diharapkan akan meningkatkan harga jual, sehingga pengelolaan sistem usaha tani ubi jalar dari hulu hingga hilir akan membawa dampak positif bagi perekonomian setempat, jelas Hadi. Lebih lanjut disampaikan perlunya peran serta petani milenial untuk mendukung pertanian di Kabupaten Lumajang dalam upaya meningkatkan kualitas SDM di bidang pertanian. Kerjasama dengan perusahaan berbasis ubi jalar perlu di tingkatkan, salah satunya dengan PT. Indowooyang. Demplot varietas-varietas unggul baru dari Balitkabi sangat dibutuhkan untuk menemukan varietas yang paling sesuai dikembangkan di Kabupaten Lumajang dan sesuai dengan permintaan pasar.

Hadirnya PT Indowooyang yang berpusat di Cirebon, Jawa Barat sebagai produsen dan pengekspor produk yang berbahan baku ubi jalar sangat diapresiasi dan menjadi harapan akan membawa dampak peningkatan perekonomian petani ubi jalar di Pasrujambe. Menurut Bapak Putut (Manager Cultivation) PT. Indowooyang, daerah kecamatan Pasrujambe memang sangat sesuai untuk budi daya ubi jalar, sehingga kualitas ubi madu yang dihasilkan memang baik dan sesuai syarat ekspor ke Jepang.

Dukungan Balitbangtan melalui Balitkabi terhadap inotek komoditas ubi jalar adalah dengan dihasilkannya VUB ubi jalar disertai teknologi pendukungnya baik teknologi budi daya maupun pasca panen. Inilah yang disampaikan peneliti komoditas ubi jalar Dr. Febria Cahya Indriani sebagai narasumber mewakili Balitkabi. Balitbangtan telah menghasilkan beberapa VUB ubi jalar yang dirakit untuk memenuhi preferensi pasar diantaranya ubi jalar kaya betakaroten seperti Beta 1, Beta 2, Beta 3 dengan daging umbi oranye serta yang kaya antosianin dengan warna daging umbi ungu yakni Antin 1, Antin 2 dan Antin 3. Selain warnanya yang menarik untuk produk olahan ubi jalar, dari segi kandungan gizi sangat bermanfaat bagi peningkatan imunitas tubuh karena kaya betakaroten dan antioksidan tinggi. Seiring dengan mulai tumbuhnya industri berbahan baku ubi jalar di sentra ubi jalar kabupaten Lumajang, diharapkan VUB Balitkabi dapat diadopsi dan berkembang sehingga memberikan manfaat untuk kesejahteraan petani.

whatsapp-image-2020-12-06-at-08-44-43 whatsapp-image-2020-12-06-at-08-46-23
Suasana temu lapang gerakan panen ubi jalar di kec. Pasrujambe
whatsapp-image-2020-12-06-at-09-10-49 whatsapp-image-2020-12-06-at-08-56-11
Hasil panen ubi jalar di kec. Pasrujambe dan foto bersama sebagian peserta temu lapang
whatsapp-image-2020-12-06-at-09-13-53 whatsapp-image-2020-12-06-at-09-13-19
Sebagian produk olahan berbahan baku ubi jalar

FCL