Berita » Sinergi Balitkabi-TNI : Peningkatan Kemampuan Apkorwil KODIM 0818

Balitkabi menjadi tuan rumah dalam acara Peningkatan Kemampuan Apkorwil Kodim 0818 tentang Teknologi Budidaya Padi Unggul. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis, 7 september 2017.

apkorwil1

Acara ini diikuti oleh 65 orang Babinsa yang tergabung di bawah KODIM 0818. Sebagai narasumber yang kompeten terkait padi adalah Ir. Zaenal Arifin, M.P., peneliti/pengkaji dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur. Selain itu ada juga tim dari BPTP Jawa Timur yang berkompeten dalam operasional Indo Jarwo Transplanter.

Rangkaian acara dibuka oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi, Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, M.P., yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Perwira Seksi Teritorial (PASITER) KODIM 0818, Kapten Supa’at.

apkorwil2

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dalam rangka Peningkatan kemampuan apkorwil agar ini supaya pendampingan ataupun bhakti TNI kepada rakyat ini lebih mantap lagi.” ujar Kapten Supa’at.

Materi Pengenalan budidaya padi disampaikan oleh Ir. Zaenal Arifin. Materi yang disampaikan terkait budidaya padi di berbagai agroekosistem. Selesai pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta dimana peserta cukup antusias dengan beragam pertanyaan yang dilontarkan kepada narasumber.

apkorwil3

Sesi kedua merupakan praktek lapang yang dititik beratkan kepada pelatihan penggunaan alat Indo jarwo Transplanter. Indo Jarwo Transplanter merupakan alat mesin pertanian (Alsintan) untuk menanam padi dengan sistem jajar legowo. Alsintan ini merupakan produk modifikasi Balitbangtan dari alsintan penanam padi konvensional. Pada sesi kedua ini juga disampaikan tips dan trik dalam penggunaan Indo Jarwo Transplanter di lapangan.

apkorwil

Setelah runutan acara di dalam kelas dan lapangan selesai, kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama di lapangan depan kantor Balitkabi.


Materi Budidaya Padi