Berita » Sinergi Riset: Balitkabi – BPTBA

Sinergi riset Balitkabi – BPTBA.

Sinergi riset Balitkabi – BPTBA.

Era sekarang, sinergi riset menjadi tuntutan penting untuk mengoptimalkan produk riset, agar segera sampai dan dimanfaatkan oleh pengguna. Pada acara puncak Bulan Teknologi tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) LIPI, dilakukan beberapa penandatanganan Perjanjian Kerjasama yang salah satunya dilakukan dengan Balitkabi.

Bulan Teknologi (Bultek) 2018 merupakan even tahun keempat yang menjadi agenda tahunan BPTBA, mengusung tema “Pengembangan Budaya IPTEK Berbasis Kearifan Lokal untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat“, dilaksanakan 14–17 November 2018, bertempat di Taman Pintar Yogyakarta. Sasaran Bultek adalah sebagai media pengenalan dan pembinaan Iptek dan sosialisasi hasil-hasil penelitian bagi masyarakat dan Industri baik Kecil maupun Menengah (UMKM). Walikota Yogyakarta hadir pada pembukaan acara puncak Bultek #4, 15 November 2018. Walikota menyambut baik acara tersebut bahkan tahun depan, penyelenggaraannya harus lebih besar, hal ini penting karena Yogyakarta memiliki banyak program berbasiskan informasi teknologi. Pembukaan Bultek #4 dilakukan oleh Deputi Ilmu Pengetahuan LIPI, mewakili Ketua LIPI, menyampaikan bahwa di era revolusi industri 4.0, saatnya kebijakan berbasiskan data.

Perjanjian Kerjasama antara Balitkabi dengan BPTBA merupakan tindaklanjut dari program PUI tentang sinergi riset, yang telah digagas pada Raker PUI pada Februari 2018, dan dimatangkan kembali pada bulan Mei 2018. Balitkabi memiliki keunggulan pada produk riset komoditas akabi, termasuk berbagai varietas akabi. BPTBA memiliki keunggulan pada bidang pengemasan olahan dan pembinaan UMKM. Sinergi riset pada periode awal adalah penelitian pengemasan turunan produk olahan berbahan baku kedelai. Ditargetkan pada awal tahun 2019 telah dihasilkan produk turunan kedelai dalam kemasan yang siap untuk disinergikan dengan UMKM. Komoditas akabi lainnya menunggu untuk disinergikan.

Sambutan Walikota Yogyakarta (kiri) dan mitra BPTBA (kanan).

Sambutan Walikota Yogyakarta (kiri) dan mitra BPTBA (kanan).

MMA