Berita » Sinkronisasi Matrik Program Penelitian Balitkabi 2019

dsc06149

Pembahasan matrik rencana program penelitian merupakan hal yang wajib dilakukan sesuai amanat Permentan no. 44/permentan/OT.140/8/2011 tentang mekanisme perencanaan program dan anggaran penelitian pertanian. Tujuannya adalah untuk mengawal kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2019 sesuai dengan indikator kinerja pada renstra Balitkabi dan Balitbangtan Kementan.

Matrik program penelitian 2019 dibahas mulai tanggal 3−4 April 2018 di Balitkabi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peneliti, calon peneliti, dan pejabat lingkup Balitkabi. Tim evaluator Puslitbang TP diwakili oleh Dr. A.M. Adnan (Kabid PE) dan Asrul Koes, S.P., M.Si. (Kasubid PE) dan M. Taufiq (staf PE). Acara dibuka oleh Kepala Balitkabi Ir. Joko Susilo Utomo, M.P., Ph.D. Dalam arahannya, Beliau menyampaikan bahwa evaluasi matrik merupakan hal biasa yang sudah kita lakukan sesuai dengan Permentan no. 44 tahun 2011. Sebelum dievaluasi oleh tim dari Puslitbang TP, matrik telah dievaluasi oleh internal Balai secara substansi dan kewajaran biaya.

dsc06144

Pada kegiatan ini dipresentasikan 13 RPTP/RDHP oleh setiap penanggung jawab RPTP. Setiap matrik kemudian dibahas secara ringkas oleh Dr. A.M. Adnan untuk menentukan target IKU setiap kegiatan. Beliau juga menyampaikan target 2019 Balitkabi, yaitu Plasma nutfah (3608 aksesi), VUB (5 varietas), Teknologi (8 paket), Benih Sumber (26 ton), dan publikasi (34 judul). Diharapkan setelah evaluasi matrik, proposal RPTP yang telah diperbaiki dapat terkumpul pada hari Kamis tanggal 5 April 2018, sehingga bisa segera dimasukkan dalam i-program. Semoga IKU yang telah ditargetkan di Balitkabi pada tahun 2019 dapat tercapai.

RTH