Berita » Sistem Manajemen Mutu Balitkabi Berjalan Baik

Pelaksanaan ISO Balitkabi telah berhasil dengan baik. Demikian disimpulkan oleh Auditor Eksternal Ibu Rakhmah Indah Kurniasih dari PT Mutuagung Lestari yang melaksanakan Resertifikasi ISO Balai 9001:2008 pada 1‒3 November 2016. Karena itu Balitkabi berhak terus menyandang sertifikasi baru ISO 9001:2008.

Perjalanan Balitkabi dalam menerapkan ISO 9001:2008 sudah tiba pada penghujung tahun untuk resertifikasi. Resertifikasi adalah proses peninjauan kembali apakah Balitkabi telah menerapkan prosedur berdasarkan ISO 9001:2008.

Penerapan ISO 9001:2008 memberikan manfaat kepada Balitkabi antara lain:

  1. Meningkatkan kredibilitas Balitkabi serta meningkatkan kepercayaan pelanggan
  2. Jaminan atas kualitas Balitkabi dengan standar internasional
  3. Menghemat biaya
  4. Mengoptimalkan kinerja karyawan, dan
  5. Meningkatkan image Balitkabi di masyarakat.

Audit dilakukan pada kesesuaian rekaman dengan prosedur mutu yang telah ditetapkan. Audit meliputi bidang Tata Usaha, Pelayanan Teknik, Jasa Penelitian, serta Monitoring dan evaluasi. Selain itu juga dilakukan kunjungan lapang ke Perpustakaan, Website, Laboratorium dan UPBS.

Dalam sambutannya Plh. Ka. Balai Wisnu Undjoyo, S.P. dalam acara pembukaan audit menyampaikan bahwa kita harus meyakini bahwa audit bukan untuk mencari kesalahan akan tetapi lebih meningkatkan kinerja kita agar lebih baik dari sebelumnya.

Hasil dari audit dibacakan oleh auditor pada acara penutupan. Dalam pemaparannya kesimpulan yang dibacakan adalah bahwa Balitkabi telah melakukan sistem manajemen mutu dengan baik dan kontinyu, serta Balitkabi telah memperbaiki hasil temuan-temuan oleh auditor internal dan eksternal, sehingga tidak ada pengulangan temuan. Dan pada akhirnya Balitkabi hanya tinggal menunggu proses turunnya ‘’SERTIFIKASI BARU”.

Puji syukur Dr. Didik Harnowo (Ka. Balai) panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena proses resertifikasi telah selesai dan sertifikasi tetap ada di tangan Balitkabi.

Tak lupa beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh staf Balitkabi karena dalam kegiatannya selalu menerapkan SOP mutu sesuai dengan ISO sehingga tidak ada hambatan dalam proses mempertahankan sertifikat ISO 9001:2008.

8-11-16

Mita