Berita » Sistem Manajemen Mutu Balitkabi Konsisten Menerapkan ISO 9001:2015

Kegiatan audit sudah sangat familiar bagi organisasi yang telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM). Tujuan audit diantaranya adalah sebagai bentuk pengawasan dan pengendalian secara menyeluruh terhadap tata kelola organisasi. Disamping itu, kegiatan audit juga dapat mengidentifikasi peluang-peluang untuk peningkatan SMM. Balitkabi telah menerapkan ISO 9001:2008 sejak tahun 2010, dan pada tahun 2017 Balitkabi sudah melakukan transisi ke ISO 9001:2015 dengan penambahan ruang lingkup Kebun Percobaan (KP) Genteng.

Pada tanggal 30 Oktober hingga 2 November 2017, Audit Surveilen ISO 9001:2015 telah dilakukan di Balitkabi oleh Ibu Isyana Dewi dari lembaga sertifikasi PT Mutuagung Lestari. Dalam sambutan pembukaan audit, Kepala Balitkabi Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, M.P. selaku top manajemen menyampaikan bahwa audit surveilen sangat penting sebagai bentuk continuous improvement atau peningkatan secara berkelanjutan agar produk/kinerja/pelayanan yang kita hasilkan tetap terjaga baik kualitas mutunya.

Audit dilakukan dengan metode sampling dalam bentuk wawancara dan observasi pada ruang lingkup Tata Usaha, Seksi Pelayanan Teknis, Seksi Jasa Penelitian, Kelompok Peneliti di Balitkabi (Malang) dan di KP Genteng (Banyuwangi).

audit-smm

Pelaksanaan Audit ISO 9001:2015 di KP Genteng, Banyuwangi

Secara umum disampaikan hasil audit bahwa Balitkabi telah menetapkan SMM yang konsisten dengan standar ISO 9001:2015. Walaupun sudah baik, SMM yang dijalankan harus terus ditingkatkan agar kepuasan pelanggan selalu tercapai dan semua persyaratan layanan dapat tepenuhi. Ketidaksesuaian dalam bentuk minor dan observasi terutama pada klausul perencanaan, dukungan/sumberdaya, operasional, dan evaluasi harus segera diperbaiki sebagai wujud komitemen Balitkabi untuk melakukan perbaikan secara terus menerus.
RTH