Berita » Siswa MI Belajar Kabi

miftahul-ulum2-gdlegi

 

”Kalau sejak kecil sudah mengenal aneka ilmu pengetahuan, nantinya anak-anak akan lebih mudah menentukan pilihan untuk memperdalam pendidikan yang akan ditempuh. Salah satu pilihan bidang pendidikan tersebut adalah pertanian. Balitkabi adalah lembaga milik pemerintah dengan tugas mengadakan penelitian tanaman kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, dan ubi jalar”. Demikian penjelasan Ir Achmad Winarto kepada 50 siswa Kelas 4, 5, dan 6 bersama enam Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mithahul Ulum 1 Gondanglegi Kab Malang yang berkunjung ke Balitkabi Selasa (31/1) pagi. Untuk memberikan penjelasan lebih nyata para siswa diajak ke Ruang Pamer, Kebun Percobaan Kendalpayak, dan UPBS, serta ke Rumah Kasa tempat persilangan, Lab Pangan dan Perpustakaan.

  Sebagaimana makhluk hidup yang lain, varietas tanaman memiliki ciri tertentu, yang membedakan satu varietas dengan varietas yang lain. Misalnya ada kedelai biji besar, ada yang tanggung, dan ada juga yang kecil. “Ini yang bijinya besar” kata Pak Win sambil mengangkat kedelai Varietas Grobogan di Ruang Pamer Balitkabi. Para siswa juga ditunjuki varietas kedelai biji kecil seperti Gepak Ijo dan Gepak Kuning, kacang tanah biji besar dan biji kecil, ubi jalar warna ungu dan kuning. ”Yang besar-besar itu seperti Yazit yang perawakannya tinggi besar, dan yang kecil seperti Arifin yang kecil tapi lincah”, kata Pak Win sambil menunjuk dua tamunya. Selain penjelasan varietas dan budidaya ubi kayu, di lapang Pak Win juga menunjukkan dan menjelaskan aneka varietas dan cara tanam ubi kayu, ubi jalar. Juga diperkenalkan berbagai jenis kacang-kacangan dan umbi-umbian potensial yang ditanam di kebun plasmanutfah umbi-umbian seperti seperti suweg, talas, mbote, gadung, serta gadung. Demikian juga di UPBS, Lab Pangan, Rumah Kaca tempat persilangan, dan Perpustakaan, Pak Win menjelaskan fungsi tempat-tempat tersebut secara komunikatif disertai tanya jawab dengan para siswa.

Para siswa MI mendengarkan dan mencatat penjelasan tentang aneka varietas ubi jalar

Para siswa MI mendengarkan dan mencatat penjelasan tentang tanaman ubi kayu, serta mengamati proses sortasi benih di UPBS