Berita » Songsong Pensiun Ikuti Pelatihan

Para peserta pelatihan saat menerima paparan dari narasumber bidang pengelolaan hortikultura organik.

Pensiun bagi pegawai negeri merupakan saat-saat yang krusial, setelah pensiun apa yang harus dikerjakan? Pertanyaan seperti ini mungkin menghinggapi hampir semua pegawai setelah tidak lagi mempunyai aktivitas pekerjaan yang sudah bertahun-tahun digelutinya. Badan Litbang Pertanian tidak ingin pegawainya setelah pensiun mengalami Post Power Syndrome.

Untuk menghindari dan menjembatani hal tersebut, Badan Litbang Pertanian dan Dewan Pengurus Korpri Kementerian Pertanian bertempat di Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang menyiapkan mental calon pensiunan untuk tetap bisa berkiprah atau mendayagunakan dirinya agar tetap bisa berkarya setelah pensiun dengan mengadakan pelatihan keterampilan dan membuka wawasan usaha.

Para peserta pelatihan saat menerima paparan dari narasumber bidang pengelolaan hortikultura organik.

Pelatihan yang dilaksanakan di BBPP Lembang dari tanggal 17–22 Maret 2013, dibuka oleh Drs. Joko Purnomo, Kabag Kepegawaian Badan Litbang Pertanian diikuti oleh 52 orang calon pensiunan lingkup Badan Litbang Pertanian. Dari Balitkabi dua orang calon pensiunan, Sugiono dan Pitono dikirim untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Peserta foto bersama dengan H. Waryudin ketua Kelompok Tani Jaya Alam Lestari sekaligus sebagai narasumber sesaat setelah mengunjungi lahan pertanian organik yang dikelolanya.Lahan kunjungan peserta tempat pengusahaan budidaya hortikultura organik didesa Cisondari, Ciwidey Kab. Bandung.

Materi pelatihan yang diberikan kepada peserta meliputi: (1) Bagaimana menjadi seorang pengusaha (entrepreneur), (2) Budidaya Tanaman hortikultura Organik, (3) Pengolahan Pascapanen, dan (4) Peternakan dan perikanan.

Selama dua hari para peserta menerima paparan teori di dalam kelas, dilanjutkan dua hari kunjungan lapang, dan satu hari terakhir presentasi dari masing-masing kelompok untuk memberikan pandangannya.Fasilitator/narasumber berasal dari Balai Besar Pelatihan Pertanian dan dua orang merupakan pengusaha agribisnis terdiri dari pengusaha hortikultura organik dan peternak ikan air tawar.

Pengalaman 5 hari pelatihan memberikan manfaat yang berguna dan memotivasi peserta untuk berusaha setelah pensiun.Insya Allah, meski purnatugas, insan Badan Litbang Pertanian tetap memberi manfaat untuk sesama. Amien.

Sugiono dan Pitono/AW