Berita » SOP Penilaian Varietas, Siap Dioperasionalkan

berita_sop_19-7-18_aTerbitnya Permentan No. 40/Permentan/TP.010/11/2017, telah ditindaklanjuti pula dengan terbitnya Kepmentan NO.926/HK.140/C/4/2018 tentang Tim Penilai Varietas Tanaman Pangan (TPVTP), yang dulunya dikenal dengan sebagai TPP2V. TPVTP telah menyusun dan menyelesaikan SOP Penilaian Varietas, yang akan menjadi pedoman bagi lembaga penyelenggara pemuliaan (LPP) dalam menyiapkan dan melakukan proses pelepasan varietas. SOP tersebut disosialisasikan pada tanggal 17 Juli 2018 di Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Jakarta. Hadir dalam sosialisasi adalah anggota TPVTP, LPP (balai penelitian dan perguruan tinggi), dan regulator. Direktur Perbenihan, Dr. Ir. Mohammad Takdir Mulyadi MM, yang membuka sosialisasi, mewakili Ketua TPVTP (Dr. Ir. Maman Suherman MM) menyampaikan bahwa Permentan No. 40 merupakan upaya terobosan percepatan  pelepasan varietas. Dicontohkan adanya reduksi jumlah lokasi uji adaptasi. Walaupun demikian kualitas varietas harus lebih baik, sebagai konsekuensi tuntutan pengguna yang semakin tinggi.

Beberapa hal memang ada yang berbeda dengan Permentan sebelumnya. Adanya penilaian kelayakan terhadap rencana pengujian uji adaptasi, adanya kelayakan terhadap penggunaan varietas pembanding dan sebagainya. Direktorat Jenderal TP hanya akan melakukan proses penilaian varietas sedangkan proses pelepasan varietas dilakukan oleh PVTPP (Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian). Proses on-line akan mulai diterapkan pada proses pelepasan varietas yang baru ini.

Telah terbitnya SOP Penilaian Varietas, maka proses sidang penilaian varietas akan segera dilakukan. Semoga niat percepatan pelepasan varietas dapat terwujud.

berita_sop_19-7-18_bSosialisasi SOP Penilaian Varietas di Jakarta, 17 Juli 2018.

MMA