Berita » Sosialisasi Akreditasi Majalah Ilmiah

5-maret-2012-sos-3

Dalam upaya  meningkatkan kualitas majalah ilmiah, Balitkabi mengadakan Sosialisasi  Pedoman Akreditasi Majalah Ilmiah. Sosialisasi dilaksanakan pada hari Senin, 5 Maret 2012, bertempat di Aula Serbaguna Balitkabi, dengan narasumber Prof. Subandriyo dari Tim Penilai Peneliti Instansi Kementerian Pertanian (TP2I Kemtan). Dalam paparannya Prof. Subandriyo, menyampaikan akreditasi majalah ilmiah berdasarkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 04/E/2011. Instrumen akreditasi meliputi: isi tulisan, ISSN, mitra bestari, frekuensi, jumlah yang telah diterbitkan, tiras, jumlah naskah tiap  terbitan, dan wajib simpan di Pusat Dokumentasi Ilmiah Indonesia (PDII). Lebih lanjut Pak Subandriyo menjelaskan kriteria nilai akreditasi majalah ilmiah. Majalah dengan nilai 60-69 lulus akreditasi (terakreditasi) dengan nilai cukup (C), nilai 70-79 akreditasinya baik (B), sedangkan nilai 80-100 mendapatkan predikat akreditasi sangat baik (A). Sebelumnya Kepala Balitkabi, Dr. M. Muchlis Adie mengatakan bahwa Balitkabi akan bertekad mengajukan Buletin Palawija untuk mendapatkan akreditasi. “Kami sedang mempersiapkan Buletin Palawija untuk akreditasi”, tandas Pak Muchlish pada acara sosialisasi yang diikuti oleh peneliti, teknisi, serta karyawan/karyawati Balitkabi. Pada kesempatan ini, Prof. Subandriyo didampingi Hermanto, S.Sos, Kasubid PHP Puslitbangtan.

Prof. Subandriyo (nomor 2 dari kiri) memaparkan materi  pedoman akreditasi majalah ilmiah

 

Pengajuan Akreditasi Pertama Kali Lebih lanjut Dr. Subandriyo menjelaskan bagi majalah Ilmiah yang mengajukan akreditasi pertama kali di tahun 2011, pemenuhan persyaratan dan penilaian tetap menggunakan Pedoman Akreditasi Majalah Ilmiah berdasarkan Peraturan Kepala LIPI No. 01/E/2005. Untuk majalah Ilmiah yang mengajukan akreditasi pertama kali di tahun 2012 dan 2013, akan dinilai menggunakan Pedoman Akreditasi Majalah Ilmiah sesuai Peraturan Kepala LIPI terbaru, namun pemenuhan persyaratan tetap menggunakan Pedoman Akreditasi Majalah Ilmiah berdasarkan Peraturan Kepala LIPI No. 01/E/2005. Majalah ilmiah yang mengajukan akreditasi pertama kali di tahun 2014 dan setelahnya, pemenuhan persyaratan dan penilaian menggunakan Pedoman Akreditasi Majalah Ilmiah sesuai Peraturan Kepala LIPI terbaru.

Peserta sosislisasi mencermati pemaparan Prof. Subandriyo

Pengajuan Akreditasi Ulang

“Bagi majalah ilmiah yang mengajukan akreditasi ulang di tahun 2012, akan dinilai menggunakan Pedoman Akreditasi Majalah Ilmiah sesuai Peraturan Kepala LIPI terbaru, namun pemenuhan persyaratan tetap menggunakan Pedoman Akreditasi Majalah Ilmiah berdasarkan Peraturan Kepala LIPI  No. 01/E/2005”, urai Pak Subandriyo.

Sementara itu, majalah ilmiah yang mengajukan akreditasi ulang di tahun 2013 dan setelahnya, pemenuhan persyaratan dan penilaian menggunakan Pedoman Akreditasi Majalah Ilmiah sesuai Peraturan Kepala LIPI yang terbaru.