Berita » Sosialisasi Aplikasi ABK Online di Balitkabi

abkAnalisis Beban Kerja (ABK) merupakan proses untuk menghitung atau menetapkan jumlah jam kerja orang yang digunakan atau dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu tertentu. Tujuan umum menghitung ABK yaitu untuk mengetahui efisiensi penggunaan tenaga kerja di dalam organisasi. Saat ini Kementerian Pertanian sudah memiliki Aplikasi ABK, sejalan dengan hal tersebut maka perlu dilakukan sosialisasi kepada seluruh UK/UPT lingkup Kementan. Untuk lebih meningkatkan pemahaman dalam penggunaan dan pengisian ABK Online, maka pada tanggal 23 November 2018, Ir. Narta Hadiwiyata, M.Si., Kepala Bagian Tata Usaha Puslitbang TP, mensosialisasikan cara pengisian dan penghitungan ABK secara online menggunakan aplikasi tersebut. Sosialisasi yang bertempat di Aula dihadiri oleh seluruh ASN Balitkabi.

Pada presentasinya, Narta menyampaikan bahwa aplikasi penghitungan ABK dapat diakses secara online melalui alamat https://s.id/abkonline. Untuk mengakses aplikasi tersebut dibutuhkan username dan password spesifik. Username dan password tersebut diberikan terbatas hanya untuk bagian tertentu, salah satunya bagian Tata Usaha. Selanjutnya beliau mempraktekkan bagaimana cara pengisian dan penghitungan beban kerja pada Form A, B, dan C. Perhitungan ABK didasarkan kepada standar operasional prosedur (SOP) yang telah disusun oleh masing-masing UK/UPT sesuai tugas pokok dan fungsi organisasi. Apabila UK/UPT diberikan mandat pekerjaan tambahan diluar tugas pokok dan fungsi organisasi, maka tugas tambahan tersebut dapat dikerjakan, dengan pertimbangan tidak melebihi jumlah jam kerja pekerjaan pokok.

“Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan perekrutan tenaga ASN di lingkup Kementerian Pertanian ke depan akan lebih efisien dan efektif,” kata Narta. Selain itu, bagi instansi yang teridentifikasi memiliki surplus pegawai, dimungkinkan bagi pegawainya untuk mutasi ke unit kerja yang membutuhkan pegawai. Oleh karena itu dihimbau agar penghitungan ABK di Balitkabi dilakukan dengan serius untuk mengidentifikasi beban kerja yang ada saat ini sehingga diketahui kekurangan atau kelebihan tenaga kerja dimasing-masing bagian.

abk1

WR