Berita » Sosialisasi Dokumen KNAPPP Balitkabi

knappp

Penguasaan IPTEK memerlukan penelitian dan pengembangan yang terkoordinasi dalam pemantauan mutu, efektivitas, dan efisiensi pelaksanaannya. Berdasarkan hal tersebut, Kemenristek Dikti membentuk: Komisi Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) yang bertugas menilai dan membina Pranata Litbang negeri maupun swasta untuk mendapatkan akreditasi. Balitkabi sebagai PUI (Pusat Unggulan Iptek) wajib memiliki dan menerapkan dokumen KNAPPP, agar mutu kinerjanya sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan oleh Kemenristek Dikti.

Sosialisasi dokumen KNAPPP dilakukan di Aula Balitkabi selama dua hari (29−30 Maret 2016) dan dihadiri oleh seluruh peneliti, calon peneliti, teknisi serta pejabat terkait. Pada hari pertama dipaparkan tentang “Pengantar, Organisasi, dan Lingkup kegiatan, Kepemimpinan dan Strategi Organisasi” oleh Prof. Arief Harsono (Ketua Tim KNAPPP Balitkabi). Dalam paparannya, beliau menjelaskan bahwa Balitkabi akan mengajukan 8 Panduan Mutu (PM), 23 prosedur (PR), 4 Instruksi Kerja dan 46 Form. Selanjutnya, dipresentasikan juga materi tentang: (1) Proses dan Manajemen: Audit Internal oleh Ir. Henny Kuntyastuti, M.S., (2) Proses dan Manajemen: Kode Etik Pranata Litbang oleh Ir. Trustinah, M.S., (3) Proses dan Manajemen: Pelayanan Informasi melalui Website oleh Alfi Inayati, M.P., dan (4) Manajemen Kekayaan Intelektual dan Hasil oleh Ir. Erliana Ginting, M.Sc.


Pada hari kedua dilakukan diskusi dan penetapan IKM (Instruksi Kerja Metode) untuk seluruh proses kegiatan penelitian Balitkabi. IKM dibahas di masing-masing kelti, yang meliputi kelti Plasma Nutfah dan Pemuliaan, Ekofisiologi, serta Proteksi Tanaman. Rencana implementasi dokumen KNAPPP adalah tanggal 1 Maret 2016, sedangkan audit internal akan dilakukan pada akhir Mei 2016, sehingga diharapkan pada bulan Juni 2016 pengajuan dokumen KNAPPP Balitkabi dapat terealisasi.

Peserta sosialisasi sangat antusias terhadap kegiatan tersebut, hal ini tercermin dari banyaknya pertanyaan yang diajukan dan sumbangsih ide/pemikiran demi kesempurnaan dokumen KNAPPP. Semoga dengan terdokumentasinya seluruh kegiatan pranata Litbang Balitkabi dapat meningkatkan mutu kinerja pagawai di Balitkabi ke arah yang lebih baik lagi.

RTH